Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran-Irak Sepakat Bangun Zona Perdagangan Bebas

Kompas.com - 19/11/2018, 07:39 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber Al Jazeera

TEHRAN, KOMPAS.com - Presiden Irak Barham Salih mengatakan, dirinya telah sepakat untuk membangun zona perdagangan bebas di perbatasannya dengan Iran.

Dikutip dari Al Jazeera, dalam sebuah konferensi pers bersama dengan Presiden Iran Hassan Rouhani, Jumat (16/11/2018) waktu setempat Salih mengatakan bahwa hubungan di antara kedua negara tetangga tersebut mempunyai prinsip yang harus dipegang lantaran keduanya berakar pada sejarah iman dan geografi yang sama.

"Kami peduli dengan hubungan kami dengan Iran," ujar Salih.

Namun, Salih tidak memberikan gambaran lebih lanjut mengenai zona perdagangan bebas tersebut.

Baca juga: Giliran Mata Uang Iran yang Melemah Sentuh Titik Terendah Sepanjang Sejarah

Di sisi lain, Rouhani mengatakan, dirinya ingin meningkatkan perdagangan bilateral di antara kedua negara dari 12 miliar dollar AS menjadi 2 miliar dollar AS tahun depan.

Rouhani juga mengatakan, pihaknya juga berbicara mengenai pertukaran listrik dan gas, serta kerja sama dalam produk minyak dan eksplorasi minyak.

Berdasarkan sebuah laporan, kedua pemimpin tersebut juga tengah membahas mengenai pembangunan rel kereta api sepanjang 35 km yang menghubungan kedua negara.

Adapun pertemuan kali ini menjadi kunjungan kedua Salih ke Iran yang terjadi kurang dari dua minggu setelah Amerika Serikat memberlakukan kembali sanksi kepada Iran.

Irak sendiri menjadi salah satu negara yang memperoleh pengecualian dari AS. Sementara bagi Iran, negara tetangganya itu merupakan pasar terbesar kedua setelah China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Jazeera

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com