Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Rela Begadang demi Kejar Diskon Festival Belanja 11.11

Kompas.com - 19/11/2018, 16:00 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival belanja 11.11 pada 11 November 2018 lalu membuat sejumlah e-commerce yang berpartisipasi meraup kesuksesan besar. Angka pembelian mencapai 5-8 kali lipat dari transaksi di hari biasa.

Beberapa e-commerce bahkan menawarkan potongan harga yang cukup tinggi melalui flash sale di jam-jam tertentu. Bahkan, flash sale jam 00.00 WIB pun laris manis diserbu konsumen.

Hasil analisa tim iPrice menunjukkan bahwa konsumen di Indonesia rela begadang untuk berburu barang-barang diskon selama masa promosi. Diketahui, festival belanja sudah dimulai sejak 25 Oktober 2018.

Tim iPrice membandingkan traffic pengguna iPrice Indonesia pada hari tersebut dengan traffic  pada bulan lalu. Dengan begitu, data yang didapatkan tidak dipengaruhi promosi yang dilakukan pihak e-commerce manapun.

Baca juga: Penggunaan Aplikasi Mobile untuk Belanja Online Terus Meningkat

Menurut data yang didapat, trafik pada 10 November 2018 mengalami kenaikan sejak pukul 22.00 WIB dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Trafik pada hari normal biasanya menurun dari pukul 21.00 WI hingga 04.00 WIB.

Namun, data pada 10 November 2018 menunjukkan bahwa traffic mulai naik sejak pukul 22.00 WIB dan menjulang pada pukul 23.00 WIB. Ini menunjukkan peningkatan 50 persen jika dibandingkan dengan hari normal.

Dengan data ini, bisa diasumsikan bahwa orang Indonesia menunjukkan antusiasme mereka terhadap festival belanja, dibuktikan dengan lonjakan yang terjadi pada traffic online beberapa jam sebelum puncak festival belanja dimulai pukul 00.00 WIB.

Baca juga: 4 Gaya Milenial Sambut Festival Belanja Online 11.11

Data iPrice menunjukkan, traffic terbesar pada festival belanja bukan pukul 00.00 WIB. Padahal, banyak e-commerce yang melakukan flash sale yang dimulai tepat pukul 00.00 WIB.

Ternyata, trafik tertinggi pengunjung e-commerce pada pukul 20.00 WIB, dengan perbedaan sebesar 40 persen dengan trafik pada hari normal, sebelum festival belanja berlangsung.

Hal ini bisa jadi disebabkan banyaknya promo dadakan yang ditawarkan berbagai e-commerce pada jam-jam terakhir masa promosi. Promo dadakan itu memancing antusiasme para pemburu diskon untuk sekadar mengecek ataupun menunggu jam promo tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com