Dow Jones Anjlok Lebih dari 500 Poin

Kompas.com - 21/11/2018, 06:30 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Dow Jones Industrial Average dan S&P 500 terkoreksi tajam pada perdagangan Selasa, (20/11/2018), dengan penurunan harga saham perusahaan ritel Target yang menekan sektor ritel lainnya serta beberapa saham teknologi populer juga menhalami penurunan

Jika dirinci, Dow Jones Industrial Avarage anjlok 551.8 poin menjadi 24,465,64 dengan S&P 500 terkoreksi 1,8 persen dan ditutup pada 2.641,89. Sementara jika dihitung dari awal tahun, indeks Dow Jones dan S&P 500 masing-masing meningkat 1,2 persen dan 0,6 persen. Sementara itu, Nasdaq Composite pun terkoreksi 1,7 persen menjadi 6.908,2.

Harga saham-saham di Wall Street mencapai titik terendahnya pada perdagangan hari Selasa sehari setelah pendiri Doubleline Capital Jeffrey Gundlach mengatakan harga saham masih terlalu mahal, dan belum mencapai titik di mana indeks harga saham akan mencapai titik terendahnya.

Sementara pada perdagangan hari tersebut, Dow Jones turun hampir mendekati 650 poin sementara S&P 500 hampor 500 poin dengan Nasdaq Composite yang terkoreksi lebih dari 2 persen.

Adapun salah satu perusahaan ritel di Amerika Serikat, Target, mengalami penurunan harga saham yang cukup tajam, yaitu 10,5 persen setelah melaporkan kinerja laba yang lebih lemah dari perkiraan kuartal sebelumnya. Perusahaan pun melaporkan hasil penjualan yang leboh rendah dari perkiraan.

Penurunan harga Target pun mendorong SPDR S&P Retail ETF (XRT) terkoreksi 3,4 persen, Kohl's, L Brands dan Macy's yang juga menjadi bagian dari XRT juga merosot masing-masing 9,2 persen, 17,7 persen dan 3,4 persen. Melorotnya harga saham di sektor ritel menjelang musim belanja liburan menjadi periode kritis bagi perusahaan-perusahaan ini.

Sementara itu, saham Boeing juga mengalami penurunan sebesar 1 persen pada perdagangan Selasa, setelah perusahaan batal melakukan telefon konferensi dengan maskapai penerbangan untuk membahas sistem pada pesawat model 737 MAX. Bulan lalu, salah satu pesawat Boeing 737 MAX jatuh di perairan Karawang dan menewaskan 189 korban.



Sumber CNBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X