Antisipasi Lonjakan Pesanan, Tokopedia Luncurkan Dua Layanan

Kompas.com - 21/11/2018, 21:33 WIB
Ilustrasi Tokopedia. TokopediaIlustrasi Tokopedia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokopedia meluncurkan dua fitur, yakni Saldo Prioritas dan Voucer Toko untuk mempersiapkan para penjual menghadapi lonjakan pesanan di akhir tahun.

Saldo Prioritas menawarkan pembayaran dana di muka untuk para penjual hanya dengan memasukkan resi pengiriman. Keberadaan fitur ini bermanfaat bagi penjual yang membutuhkan arus kas lebih cepat.

Sedangkan Voucher Toko memungkinkan penjual membuat kode voucher promosinya sendiri kepada calon pelanggan agar bisa menawarkan lebih banyak promosi khusus bagi pelanggan maupun menjangkau pembeli lain di luar Tokopedia.

"Dengan mendapatkan pembayaran di muka, penjual bisa menggunakan uang tersebut untuk mempercepat perputaran modal bisnisnya," ujar Head of Fintech Tokopedia, Samuel Santana dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/11/2018).

Baca juga: MarkPlus: Shopee, Tokopedia, dan Lazada Kuasai Pasar E-Commerce Indonesia

Penjual yang mengajukan Saldo Prioritas bisa langsung mendapatkan 80 persen dana pembayaran di muka. Sisa dana akan diterima setelah pembeli mengonfirmasi penerimaan barang.

Para penjual yang membutuhkan arus kas lebih cepat mengaku terbantu dengan kehadiran fitur baru ini.

“Semenjak ada Saldo Prioritas, stok barang saya jadi ada terus. Sebelumnya, saya harus menunggu pembeli sampai konfirmasi pembayaran, baru saya bisa stok lagi. Menunggu pembeli konfirmasi pembayaran terkadang bisa memakan waktu lama, namun masalah tersebut sudah terpecahkan sejak ada Saldo Prioritas,” kata Jajang, pemilik toko Taman Hijau Daun asal Jakarta.

Adapun Voucher Toko, sejak diluncurkan awal November 2018 lalu, fitur ini mendapatkan respon positif dari para penjual maupun pembeli di Tokopedia. Saat ini, sudah ada lebih dari 30.000 penjual yang memanfaatkan fitur ini sebagai sarana promosi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X