Tokopedia Dapat Suntikan Investasi Rp 14,6 Triliun?

Kompas.com - 22/11/2018, 07:09 WIB
Render 3D desain interior Tokopedia Tower Tokopedia; Design InterventionRender 3D desain interior Tokopedia Tower

JAKARTA, KOMPAS.comTokopedia, salah satu marketplace online terbesar di Indonesia dikabarkan telah meraih pendanaan sebesar 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 14,6 triliun (kurs Rp 14.600 per dollar AS) dari salah satu investor mereka, SoftBank. Hal ini diungkapkan sumber yang tak dijelaskan identitasnya.

Dikutip dari Bloomberg, Kamis (22/11/2018), valuasi Tokopedia saat ini mencapai 7 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 102,2 triliun. Namun, berdasarkan sumber tersebut, belum dapat dirinci dari mana saja pendanaan tersebut didapatkan, apakah berasal dari Softbank Group atau perusahaan Jepang yang berbasis di Tokyo, Vision Fund.

Apabila nilai tersebut benar, maka Tokopedia akan menjadi perusahaan rintisan dengan valuasi terbesar di Indonesia. Hal ini menurut data CB Insights.

Baca juga: MarkPlus: Shopee, Tokopedia, dan Lazada Kuasai Pasar E-Commerce Indonesia

Berdasarkan riset yang dilakukan iPrice, jumlah kunjungan bulanan Tokopedia menjadi yang terbesar di Indonesia, kemudian diikuti BukaLapak dan Lazada.

Gross marchandise value (GMV) Tokopedia yang mengacu pada nilai total barang yang dijual melalui platform telah meningkat lebih dari tiga kali lipat tahun ini.

Tokopedia pun baru saja meluncurkan dua fitur, yaitu Saldo Prioritas dan Voucer Toko untuk mempersiapkan para penjual menghadapi lonjakan pesanan di akhir tahun. Saldo Prioritas menawarkan pembayaran dana di muka untuk para penjual hanya dengan memasukkan resi pengiriman.

Keberadaan fitur ini bermanfaat bagi penjual yang membutuhkan arus kas lebih cepat. Adapun Voucher Toko memungkinkan penjual membuat kode voucher promosinya sendiri kepada calon pelanggan agar bisa menawarkan lebih banyak promosi khusus bagi pelanggan maupun menjangkau pembeli lain di luar Tokopedia.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Pesanan, Tokopedia Luncurkan Dua Layanan




Sumber Bloomberg
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X