Rupiah Bergejolak, Bagaimana Pasar Sepeda Motor Tahun Depan?

Kompas.com - 22/11/2018, 09:30 WIB
Astra Honda Motor (AHM) mengumumkan Supra X 125 FI kini punya grafis bodi baru, Kamis (1/3/2018). Dok. ASTRA HONDA MOTORAstra Honda Motor (AHM) mengumumkan Supra X 125 FI kini punya grafis bodi baru, Kamis (1/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Astra Honda Motor (AHM) memproyeksikan volume penjualan pasar sepeda motor nasional pada 2019 sebanyak 6,2 juta-6,3 juta unit.

"Kami bisa prediksi tahun depan pasar sepeda motor akan kembali pada 6,2 juta-6,3 juta unit," ujar Direktur Keuangan AHM Erik T Sadikin di Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Namun, yang patut diwaspadai adalah volatilitas nilai tukar dollar AS terhadap rupiah yang cukup signifikan.

Baca juga: Astra Honda Motor Targetkan 4,7 Juta Unit Terjual hingga Desember 2018

“Memang dengan volatilitas di mata uang itu sesuatu yang kita juga tidak tahu akan lari ke berapa, tergantung faktor eksternal dan bagaimana Bank Indonesia (BI) merespons atas hal ini,” ujar Erik.

Lebih lanjut, jika pemerintah menjaga pertumbuhan ekonomi di kisaran 5 persen, ditambah harga komoditas tidak turun drastis, dan tidak ada sentimen negatif lainnya, pasar nasional sepeda motor juga akan ikut stabil.

“Itu yang harus kita cermati saat ini, dalam situasi ini kita berusaha optimistis. Ke depan ada tahun politik, komoditasnya juga diharapakan tetep stabil, suku bunga juga,” ujar Erik.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X