Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekayaan Mark Zuckerberg dan Jeff Bezos Menyusut, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 22/11/2018, 11:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNN

NEW YORK, KOMPAS.com - Kekayaan sejumlah miliarder teknologi menyusut pada pekan ini. Hal ini menyusul merosotnya kinerja saham-saham teknologi di bursa AS.

Dikutip dari CNN, Kamis (22/11/2018), saham Amazon, Apple, Facebook, dan Google merosot tajam sejalan dengan aksi jual yang dilakukan investor. Imbasnya, para pendiri, CEO, dan investor top perusahaan-perusahaan itu harus rela kekayaannya terkikis.

CEO dan pendiri Amazon Jeff Bezos, menurut Bloomberg Billionaires Index, mengalami penurunan kekayaan sebesar 42 miliar dollar AS. Pada September 2018, kekayaan Bezos mencapai puncak tertingginya, yakni 168 miliar dollar AS.

Akan tetapi, sejak saat itu, saham Amazon anjlok lebih dari 25 persen dan saat ini diperdagangkan pada kisaran 1.500 dollar AS per saham. Bezos pun harus rela kekayaannya kini berada pada kisaran 126 miliar dollar AS.

Meskipun demikian, tampaknya Bezos tak perlu khawatir. Sebab, ia tetap menjadi orang paling tajir di muka bumi.

CEO dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg pun harus rela dengan kenyataan bahwa kekayaannya terkikis. Ia kehilangan kekayaan sebesar 34 miliar dollar AS sejak mencapai puncak pada akhir Juli 2018.

Kekayaan Zuckerberg saat ini diperkirakan mencapai 52 miliar dollar AS. Ayah dua anak tersebut kini merupakan orang terkaya ketujuh di dunia.

Saham Facebook telah tergelincir 40 persen sejak Juli 2018 dan saat ini diperdagangkan pada kisaran 130 dollar AS per saham. Facebook kini tengah susah payah menjaga kinerja di tengah hengkangnya para eksekutif.

Pendiri Microsoft Bill Gates pun juga tidak terhindar dari penurunan kekayaan. Ia kehilangan 5 miliar dollar AS dari puncak kekayaannya pada awal Oktober 2018.

Saat ini, kekayaan Gates ditaksir mencapai 95 dollar AS dan tetap menjadi orang terkaya kedua di dunia.

Pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin pun kekayaanya menguap 20 miliar dollar AS dari puncaknya pada bulan Juli 2018. Saham Google pun telah terkikis 20 persen sejak bulan Juli 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com