Musim Belanja Akhir Tahun, Mungkinkah Bisa Hemat Pengeluaran?

Kompas.com - 23/11/2018, 14:03 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Menurut survei NerdWallet yang dilakukan oleh The Harris Poll, pembeli yang berbelanja saat liburan berencana menghbiskan sekitar 776 dollar AS.

Namun bertentangan dari biasanya, musim liburan yang penuh pengeluaran juga bisa menjadi peluang untuk menghemat.

Mengutip dari marketwatch, Jumat (22/11/2018), berikut adalah tiga strategi yang dapat membantu Anda untuk membelanjakan lebih sedikit daripada yang Anda rencanakan semula.

1. Bersandar pada aplikasi penghematan uang

Ketika ditanya metode apa yang akan mereka gunakan untuk menghemat uang saat berbelanja untuk alasan apa pun musim liburan ini, hanya 36 persen orang Amerika Serikat (AS) mengatakan mereka akan menggunakan aplikasi yang menghemat uang, menurut survei NerdWallet. Hal ini termasuk hal-hal seperti aplikasi kupon, aplikasi pembanding harga, dan aplikasi cash-back.

Aplikasi kupon dapat membantu pembeli membandingkan harga, kupon klip, dan bahkan menjelajah penawaran terdekat berdasarkan lokasi mereka. Kemudian, aplikasi cash-back dapat mengembalikan uang pembeli pada barang-barang tertentu.

“Aplikasi cash-back dapat membantu pembeli mengimbangi biaya pengeluaran liburan mereka dengan menempatkan persentase setiap pembelian kembali kembali ke rekenung mereka,” kata ahli keuangan pribadi NerdWallet Kimberly Palmer.

Untuk membebaskan beberapa ruang ekstra dalam anggaran Anda, masukkan ponsel Anda dengan aplikasi sebelum Anda mulai berbelanja.

2. Berbelanja di toko door-buster (penawaran dalam rentang waktu)

Menurut survei NerdWallet, lebih sedikit orang di AS yang berencana untuk memanfaatkan door-buster. Hanya 33 persen yang mengatakan mereka berencana untuk berbelanja di penjualan door-buster dimana waktu mereka hanya tersedia pada pada hari tertentu, dan biasanya untuk item atau jenis barang tertentu.

Namun, bagi yang berburu elektronik seperti TV atau konsol game, door-buster pada Hari Thanksgiving dan Black Friday dapat bermanfaat. Khususnya bagi pembeli di AS yang memang menyelenggarakan gelaran ini.

"Pastikan Anda meneliti barang sebelumnya sehingga Anda tahu persis apa yang Anda inginkan, karena persediaan bisa cepat habis, dan Anda harus bertindak cepat," jelas Palmer.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.