Kompas.com - 23/11/2018, 17:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menjelaskan, tekanan terhadap rupiah yang terjadi sejak awal tahun mulai mereda. Menurutnya, rupiah akan bergerak pada kisaran Rp 14.500 hingga Rp 14.600 hingga akhir tahun.

"Level rupiah kan sekarang di Rp 14.500 sampai Rp 14.600 ini saya rasa level yang sangat sehat dan akan tertahan sampai akhir tahun," jelas Wimboh ketika ditemui awak media di kawasan Gedung BI, Jumat (23/11/2018).

Lebih lanjut Wimboh menjelaskan, tekanan yang mulai mereda disebabkan normalisasi kebijakan moneter yang dilakukan oleh Amerika Serikat juga mulai mereda. 

"Kalau terlalu kenceng imbas ke negara berkembang itu juga sudah kelihatan, seperti masalah di Argentina, Turki, dan Venezuela, ini sudah dilihat semua permasalahan di negara berkembang dan akan berimbas kembali pada perkeonomian negara maju, termasuk AS," jelas Wimboh.

Wimboh menjelaskan, ketika negara berkembang mengamai tekanan, maka kemampuan negara berkembang untuk menyerap produk-produk dari negara maju. Padahal, negara maju juga mengandalkan negara berkembang sebagai pasar mereka. Sehingga, normalisasi kebijakan tersebut harus dilakukan secara terukur.

"Normalisasi kebijakan negara maju impactnya ke negara berkembang harus sangat terukur," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.