CEO Bukalapak Ungkap 3 Tantangan UMKM untuk Bersaing Secara Global

Kompas.com - 24/11/2018, 14:58 WIB
CEO Bukalapak Achmad Zaky di Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak di Jakarta, Sabtu (24/11/2018) KOMPAS.com/Putri Syifa NurfadilahCEO Bukalapak Achmad Zaky di Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak di Jakarta, Sabtu (24/11/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah persaingan e-commerce dan marketplace di Indonesia dan maraknya merek-merek global yang masuk, CEO Bukalapak Achmad Zaky mengatakan ada 3 tantangan yang mesti dihadapi pelaku usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM) untuk bersaing dengan kompetitor asing tersebut.

“Yakni kualitas produk, kemudian bagaimana packaging yang baik dan bagaimana si pelaku UMKM atau pelapak di Bukalapak ini merespons keinginan konsumen via online,” ujar Zaky dalam Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak di Jakarta, Sabtu (24/11/2018).

Baca juga: Bukalapak: Sudah 350.000 Warung dan Toko Kelontong yang Naik Kelas

Oleh karenanya, agar konsumen semakin puas dengan produk yang ditawarkan, diharapkan agar pelaku UMKM semakin sadar dan berusaha untuk untuk konsisten dalam mengembangkan produknya.

“Makanya lewat Kopdar Akbar Komunitas Bukalapak ini, kami beri juga workshop yang menyasar berbagai aspek, seperti hak cipta, manajemen sumber daya manusia, dan lain-lain,” jelas Zaky.

Baca juga: Bukalapak Targetkan Penambahan 12,5 Juta Pengguna

Saat ini, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) mencatat bahwa Indonesia memiliki sekitar 59,2 juta pelaku UMKM.

Sementara untuk kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 58,92 persen dan kontribusi dalam penyerapan tenaga kerja mencapai 98,30 persen.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X