Pegang Uang Tunai Bisa Bikin Lebih Hemat?

Kompas.com - 26/11/2018, 06:06 WIB
Ilustrasi rupiah KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi rupiah

KOMPAS.com — Gaya hidup yang praktis dengan menggunakan kartu kredit atau debit maupun kartu-kartu belanja lainnya saat berbelanja tentu bukan hal yang asing lagi. Hal ini seiring dengan budaya cashless yang semakin berkembang.

Kebanyakan orang terbiasa menggunakan salah satu atau bahkan semua kartu tersebut, barangkali Anda juga. Jika Anda termasuk orang yang bisa mengontrol pengeluaran, hal ini tentu tidak masalah.

Namun, jika ternyata Anda tidak bisa mengontrol pengeluaran, bisa saja Anda justru selalu melakukan pemborosan dan kehabisan uang di saat-saat tanggal gajian masih jauh.

Menggunakan uang tunai (cash) untuk berbagai kebutuhan bisa jadi salah satu langkah penghematan yang bisa dilakukan. Namun, semua langkah ini tetap harus dijalankan dengan anggaran yang tepat sejak awal. Anda harus menghitung jumlah penghasilan dan juga pengeluaran, sehingga Anda lebih mudah mengalokasikan uang yang dimiliki.

Baca juga: Perlukah Anda Memiliki Kartu Kredit?

Jika telah memiliki anggaran yang tepat, maka masukkan sejumlah uang tunai pada masing-masing pos pengeluaran dan gunakan dengan tepat sasaran. Seperti dikutip dari Cermati.com, inilah buktinya bahwa pegang uang tunai bisa bikin Anda lebih hemat.

1. Lebih Disiplin dalam Mengelola Keuangan

Cara mengelola uang tentu akan dipengaruhi oleh pola hidup dan juga disiplin yang Anda miliki. Jika selama ini Anda terbiasa begitu mudah menggesek kartu dan membelanjakan uang, hal ini akan mulai berubah ketika Anda menggunakan uang tunai.

Anda akan melihat secara langsung (fisik) uang yang dibelanjakan sehingga Anda bisa memikirkan kembali betapa banyaknya jumlah uang yang telah dikeluarkan untuk berbagai kebutuhan. Secara perlahan, Anda akan mulai disiplin dan lebih ketat ketika mengeluarkan uang dari dompet.

2. Jadi Terbiasa dengan Anggaran yang Ketat

Jika di awal bulan Anda terbiasa membuat anggaran pengeluaran dan memasukkan sejumlah dana ke setiap pos pengeluaran, Anda tentu bisa melihat ke mana saja dan bagaimana uang tersebut akan habis.

Apa yang kamu beli dan apa yang benar-benar Anda butuhkan? Cobalah untuk mulai memahami kedua pertanyaan ini dengan baik, sehingga Anda bisa menimbang dan membelanjakan uang dengan lebih bijak lagi.

Dengan cara seperti ini, Anda akan terbiasa dengan anggaran bulanan yang ketat. Cara ini akan menghemat lebih banyak uang setiap bulannya, sebab Anda bisa memperbaiki dan memperketat anggaran dari bulan ke bulan.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X