WIKA Sudah Bebaskan 82 Persen Tanah Proyek Kereta Cepat

Kompas.com - 26/11/2018, 11:39 WIB
Lokasi proyek pengerjaan kereta cepat Jakarta-Bandung di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (21/3/2018). KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERALokasi proyek pengerjaan kereta cepat Jakarta-Bandung di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (21/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) telah membebaskan 82 persen tanah untuk proyek kereta cepat yang menghubungkan Jakarta-Bandung.

Direktur Utama WIKA Tumiyana menyebutkan, lahan yang sudah dibebaskan itu kini bisa digunakan untuk percepatan proyek kereta cepat itu. Akhir tahun, WIKA menargetkan pembangunan fisik bakal mencapai hingga 5 persen. Saat ini, progres pembangunan fisik proyek tersebut baru 3,7 persen.

Tumiyana menjelaskan, percepatan pembangunan kereta cepat bakal dilakukan dengan memanfaatkan lahan untuk segera dibangun pilar-pilar. “Pilar untuk yang elevated,” katanya Kontan.co.id pada Minggu (25/11/2018).

Selain itu, pihaknya akan mempersiapkan lokasi pabrik di lahan yang sudah dibebaskan itu. Pabrik itu kemudian bakal menjadi lokasi pembuatan girder dan beton. “Jadi sudah mulai bisa untuk produksi,” tambahnya.

Baca juga: Luhut Sebut Proyek LRT Kereta Cepat Ditunda karena Masalah Lahan

Kereta cepat Jakarta-Bandung bakal melintas di lahan sepanjang 142,3 kilometer (km). PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku pemilik proyek kereta cepat telah mendapatkan pencairan pinjaman sebesar 810,4 juta dollar AS yang diperoleh pada April, Agustus, dan Oktober 2018 dari China Development Bank (CDB).

Pada Desember mendatang, KCIC akan mendapatkan pencairan pinjaman yang keempat sekitar 365 juta dollar AS lagi. Pinjaman yang sudah diterima tersebut digunakan membayar kontraktor, konsultan, pembebasan lahan, dan lain-lain.

Tumiyana mengatakan sejauh ini koordinasi antara pihaknya dengan Kementerian Perhubungan masih berjalan baik. “Target selesainya masih sama dengan yang direncanakan awal,” katanya.

Adapun proyek infrastruktur yang akan menghubungkan Jakarta dan Bandung ini ditargetkan rampung pada akhir 2021. (Harry Muthahhari)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Wijaya Karya (WIKA) telah membebaskan 82% jalur kereta cepat



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X