Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Bangun 10 SPBU di Tol Trans Jawa di 2019

Kompas.com - 26/11/2018, 17:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk bekerja sama dalam pengadaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di rest area Tol Trans Jawa dan Trans Sumtera.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, kerja sama Pertamina dengan Jasa Marga untuk mempercepat konektivitas darat serta memberikan kemudahan bagi masyarakat membeli BBM di sepanjang ruas tol yang baru berfungsi.

"Untuk memenuhi kebutuhan BBM Masyarakat, SPBU yang dimiliki oleh salah satu anak perusahaan Pertamina yaitu PT Pertamina Retail akan dibangun di seluruh Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera. SPBU tersebut akan menyediakan seluruh jenis BBM untuk transportasi darat, baik Pertamax Series, DEX series maupun Premium dan Solar," ujar Nicke di Jakarta, Senin (26/11/2018).

Menurut Nicke dengan adanya kerja sama ini maka SPBU di rest area yang dikelola Jasamarga akan terjamin pasokannya oleh PT Pertamina Retail.

Pertamina menargetkan pembangunan 10 SPBU di ruas jalur tol akan terlaksana pada bulan Juli 2019.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani menambahkan, hingga akhir tahun 2018, pihaknya menargetkan 984 kilometer jalan tol beroperasi. Dalam waktu dekat, Jalan Tol Solo-Ngawi Seksi Sragen-Ngawi sepanjang 51 KM pun siap dioperasikan.

Dengan penambahan jalan tol baru yang beroperasi, Jasa Marga telah menyiapkan PT JMP untuk mengelola rest area. Salah satu poin yang menjadi fokus adalah penyediaan BBM di rest area.

"Jasamarga Properti tahun ini akan membangun 25 rest area di seluruh ruas tol yang dikelola Jasa Marga dan kelompok usahanya. Dimana dari 25 unit tersebut 18 unit yang dibangun merupakan rest area tipe A, dimana keberadaan SPBU menjadi salah satu indikatornya," kata Desi.

Hingga tahun 2019, total rest area yang berada di ruas jalan tol Jasa Marga mencapai 57 unit, 28 unit diantaranya dikelola oleh PT JMP. Adapun rest area yang dikelola PT JMP di Pulau Jawa sebanyak 22 unit dengan rincian 15 unit merupakan tipe A sedangkan 7 unit adalah tipe B.

Untuk di luar Pulau Jawa, PT JMP masing-masing mengelola 2 unit rest area tipe A di Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (Sumatera Utara), Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Kalimantan Timur) dan Jalan Tol Manado-Bitung (Sulawesi Utara).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+