Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak E-Commerce, JNE Kirim 20 Juta Barang per Bulan

Kompas.com - 26/11/2018, 19:12 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan bisnis logistik Tanah Air semakin meningkat seiring maraknya perdagangan online (e-commerce).

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) Mohamad Feriadi berkeyakinan industri logistik akan semakin tumbuh seiring dengan pertumbuhan bisnis e-commerce di Indonesia.

"Kita masih sangat percaya bahwa sekarang e-commerce tumbuh. Pemilik market place bilang penetrasinya terhadap retail baru 3-4 persen. Jadi saya yakin ini masih tumbuh," ujar Feriadi di Jakarta, Senin (26/11/2018).

Pria yang juga menjabat Presiden Direktur JNE mengaku, mendapat lonjakan pengiriman paket sejak maraknya e-commerce di Indonesia.

"Kalau di JNE tahun lalu kiriman per bulannya 17 juta kiriman, nah sekarang ini kita diangka 20 sampai 21 juta kiriman per bulan. Itu dampak e-commerce," kata Feriadi.

Senada dengan Feriadi, Key Account Manager J&T Express Iwan Senjaya mengaku perseroan mengalami pertumbuhan sebesar 50 persen pada tahun ini ketimbang tahun lalu. Kenaikan ini dipengaruhi oleh banyaknya pengiriman barang dari e-commerce.

"Kurang lebih angka kenaikan bisa mencapai 50 persen lebih. Cukup lumayan signifikan, kalau angka dilihat pada November pas harbolnas kita bisa naik sampai 2 kali lipat lebih," kata Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com