Kompas100 CEO Forum: Menumbuhkan Optimisme di Tahun Politik dan Perang Dagang - Kompas.com

Kompas100 CEO Forum: Menumbuhkan Optimisme di Tahun Politik dan Perang Dagang

Kompas.com - 27/11/2018, 11:01 WIB
CEO Kompas Gramedia memberikan sambutan pada acara Kompas100 CEO Forum di Jakarta, Selasa (27/11/2018)KOMPAS.com/Ambaranie Nadia CEO Kompas Gramedia memberikan sambutan pada acara Kompas100 CEO Forum di Jakarta, Selasa (27/11/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia saat ini dihadapkan dalam dua kondisi berbeda dari sisi ekonomi maupun politik.

Ekonomi Indonesia mengalami tekanan internal maupun eksternal, salah satunya oleh perang dagang. Sementara di sisi politik, tahun depan Indonesia akan mengadakan pesta demokrasi pada April 2019 dan gejolaknya sudah terasa sejak beberapa waktu lalu.

CEO Grup Kompas Gramedia Lilik Oetama mengatakan, Pemilu 2019 akan berbeda dari pemilu sebelumnya karena diadakan secara serentak untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR, DPRD, dan DPD. Hal tersebut ia sampaikan dalam acara Kompas100 CEO Forum Ke-9 di Jakarta Convention Center.

"Pemilu serentak menimbulkan pertanyaan masyarakat, terutama kalangan pebisnis soal keberlanjutan kebijakan ekonomi di periode mendatang," ujar Lilik dalam sambutannya, Selasa (27/11/2018).

Lilik mengatakan, pemerintah telah melakukan berbagai hal dalam pembangunan dan pemerataan ekonomi. Sementara di luar, Indonesia menghadapi tantangan berupa perang dangan Amerika Serikat dan China, kenaikan suku bunga The Fed, gejolak politik Eropa, hingga ketidakstabilan geopolitik kawasan.

Baca juga: Apa Rubrik Favorit Sri Mulyani di Kompas?

Lilik mengatakan, Kompas100 CEO Forum diselenggarakan untuk bersama-sama menyusun optimisme dalam menghadapi tantangan tersebut

"Kita membangun kebersamaan dan optimisme untuk menghadapi tantangan dari dalam dan luar Indonesia," kata dia.

Kompas100 CEO Forum kali ini mengangkat tema "Meningkatkan Daya Saing Industri Indonesia". Lilik mengatakan, daya saing industri perlu ditingkatkan ke depan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Terutama kebijakan soal ekspor dan impor.

"Kami mengharapkan arahan Presiden soal kebijakan ekonomi di 2019," kata Lilik.

Kompas100 CEO Forum tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-9 oleh harian Kompas. Kali ini, harian Kompas bekerja sama dengan PT Perusahaan Listrik Negara.

Forum tersebut dihadiri para CEO dari emiten Kompas100 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Juga turut hadir sejumlah pemimpin perusahaan di luar Kompas100 CEO dan para akademisi.



Close Ads X