Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Akan Segera Luncurkan Sukuk Bank Indonesia

Kompas.com - 27/11/2018, 16:15 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia ingin mendorong keuangan syariah menjadi sumber keuangan baru di Indonesia. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan untuk mendorong kemajuan pasar keuangan syariah, dirinya akan menerbitkan sukuk Bank Indonesia dalam waktu dekat.

"Kami akan mendorong keuangan syariah unuk jadi sumber keuangan baru Indonesia. Di pasar keuangan syariah, kami akan menerbitkan sukuk BI," ujar Perry ketika memberikan paparan dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) di Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Sukuk BI ini nantinya diharapkan dapat mendorong pemberdayaan zakat dan wakaf yang produktif, sehingga peran keuangan syariah dalam investasi pun meningkat.

Rencananya, sukuk BI diterbitkan dalam kurun waktu satu bulan ke depan.

"Kami juga terus berpartisipasi aktif dalam mendorong pembiayaan ekonomi melalui penerbitan sukuk khususnya untuk pembangunan infrastruktur serta integrasi keuangan sosial dan komersial syariah, seperti pemberdayaan zakat dan wakaf produktif," ujar Perry.

Adapun saat ini dokumen terkait sukuk BI tengah dibahas bersama dengan Anggota Dewan Gubernur untuk difinalisasi.

Sosialisai terkait sukuk BI akan dilakukan dalam Festival Ekonomi Syariah dan Indonesia Sharia Economic Festival di Surabaya.

Perry mengatakan, otoritas moneter akan melakukan sosialisasi terkait penerbitan SUKBI dalam Festival Ekonomi Syariah dan Indonesia Sharia Economic Festival bertaraf internasional yang digelar di Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com