KILAS EKONOMI

Tingkatkan Minat Baca, PGN Dirikan Taman Bacaan

Kompas.com - 27/11/2018, 21:00 WIB
Kepala Divisi CSR PGN Sumarsony saat meresmikan taman bacaan dan rumah baca di Tembesi Tower, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Batam (30 April 2018). Kepala Divisi CSR PGN Sumarsony saat meresmikan taman bacaan dan rumah baca di Tembesi Tower, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Batam (30 April 2018).

KOMPAS.com - Demi meningkatkan minat baca masyarakat Tembesi Tower, khususnya anak-anak, PT Perusahaan Gas Negara Tbk bekerja sama dengan Kelompok Perempuan Kreatif Mandiri (KPKM) mendirikan taman bacaan dan rumah baca.

Kepala Divisi CSR PGN Sumarsony mengatakan, taman bacaan dan rumah baca di Tembesi Tower diharapkan mampu menggugah minat baca masyarakat, utamanya anak-anak.

"Dengan memfasilitasi masyarakat mendapatkan akses terhadap bacaan yang bermutu, PGN berharap masyarakat sekitar, khususnya anak-anak, bisa meraih cita-cita yang lebih tinggi," ujarnya dalam laman resmi PGN.

Peresmian taman bacaan dan rumah baca ini sendiri berlangsung di Tembesi Tower, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Batam pada 30 April 2018 lalu. 

Lurah Tembesi, warga dari kelurahan setempat, dan perwakilan anak-anak perusahaan PGN yang berlokasi di Batam hadir dalam peresmian itu.

Desa binaan PGN

Selain mendirikan taman bacaan dan rumah baca, PGN juga terus berkomitmen untuk mendorong pengembangan potensi masyarakat sekitar melalui program Desa Binaan PGN.

Untuk Kelurahan Tembesi sendiri, pengembangan masyarakat dilakukan di tiga lokasi, yaitu di Tembesi Tower, Kampung Tanjung Gundap, dan Pulau Lance.

Nantinya, ia melanjutkan, berbagai pelatihan dan penyuluhan diberikan kepada warga agar secara aktif terlibat dalam pengembangan potensi masyarakat. Dengan begitu, masyarakat bisa meningkatkan kualitas hidup.

Sumarsony, Kepala Divisi CSR PGN bersama anak-anak di taman bacaan dan rumah baca Tembesi Tower Sumarsony, Kepala Divisi CSR PGN bersama anak-anak di taman bacaan dan rumah baca Tembesi Tower
Program Desa Binaan PGN sendiri telah dilaksanakan sejak 2016 di sekitar wilayah operasional PGN, terutama di desa atau kelurahan sekitar offtake station PGN.

Pada tahap awal, PGN mengembangkan empat Desa Binaan yang masing-masing berlokasi di Kelurahan Tembesi, Batam, Desa Pagardewa, Muara Enim, Desa Sriminosari, Lampung Timur dan Desa Teluk Terate, Serang.

Sebagai informasi, masing-masing daerah tersebut terletak di sekitar lokasi operasional PGN.

Kegiatan yang dilakukan di masing-masing desa binaan, dimulai dari social mapping untuk mengetahui karakteristik tiap-tiap daerah dan untuk mengetahui kebutuhan dan potensi masyarakat daerah tersebut.

Selanjutnya, PGN akan melibatkan masyarakat untuk bersama-sama membuat kelembagaan masyarakat yang menjadi wadah musyawarah para stakeholder desa/kelurahan, termasuk PGN, dan penggerak ekonomi desa/kelurahan.

Selain itu, pelatihan-pelatihan serta penyuluhan-penyuluhan juga diberikan kepada warga. Tujuannya, menciptakan desa/kelurahan yang mandiri dan memiliki kualitas lingkungan yang baik.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X