Faisal Basri: Siapa Pun Pemenang Pilpres, Harga BBM dan Tarif Listrik akan Naik

Kompas.com - 28/11/2018, 16:43 WIB
Pengamat ekonomi sekaligus mantan Komisioner KPPU Faisal Basri saat diskusi dengan media di Jakarta, Senin (25/6/2018).KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKO Pengamat ekonomi sekaligus mantan Komisioner KPPU Faisal Basri saat diskusi dengan media di Jakarta, Senin (25/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom Faisal Basri menilai, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan tarif listrik tidak akan bisa dihindari tahun depan. Siapa pun presiden yang terpilih pada Pilpres 2019, akan dihadapkan dengan persoalan itu.

Namun Faisal menilai, kenaikan harga BBM dan tarif listrik akan lebih cepat bila pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin terpilih. Hal itu kata dia bisa terjadi karena Jokowi adalah petahana.

"Kalau pasangan nomor satu menang, kanaikan tarif listrik dan BBM akan lebih cepat sekitar Mei atau Juni 2019," ujarnya dalam seminar Proyeksi Ekonomi Indoensia 2019, Jakarta, Rabu (28/11/2018).

"Supaya nanti setelah dilantik untuk kedua kali, sudah bersih dari PR-PR yang ditinggalkannya sendiri," sambung Faisal.

Baca juga: Faisal Basri: Rupiah Menguat Bukan karena Keringat Kita...

Sementara itu kalau Prabowo-Sandiaga Uno menang, Faisal memperkirakan kenaikan harga BBM dan tarif listrik akan dilakukan di akhir 2019.

Faisal tak yakin Prabowo akan terus menahan kenaikan harga BBM dan tarif listrik. Sebabnya kata dia, di belakang Prabowo terdapat para ekonom yang juga rasional.

Terkait ekonomi, Faisal meyakini siapa pun yang menjadi presiden tahun depan, tidak akan ada perubahan besar di bidang ekonomi. Sebab ia menilai transaksi politik di kedua kubu sudah teramat kental.

Bahkan ucap dia, bukan tak mungkin pembagian jatah jabatan di pemerintahan sudah disepakati sebagai bagian dari kontrak politik.

Oleh karena itu, Faisal menyarankan agar pelaku usaha lebih baik menghindari proyek-proyek yang berkaitan dengan pemerintah.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X