Data Pramugari Pesawat JT 610 Berbeda, Ini Penjelasan Dirut Lion Air

Kompas.com - 28/11/2018, 23:02 WIB
Petinggi Lion Air Grup saat menggelar konferensi pers di Lion Tower, Jakarta, Rabu (28/11/2018) KOMPAS.com/YOGA SUKMANAPetinggi Lion Air Grup saat menggelar konferensi pers di Lion Tower, Jakarta, Rabu (28/11/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com — Komite Nasional Keselamatan Transportasi ( KNKT) menemukan adanya perbedaan data cabin crew di pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT-610 yang jatuh di perairan Karawang pada 29 Oktober 2018.

Di data manifes pesawat disebutkan  ada 5 cabin crew atau pramugari di pesawat tersebut. Namun, di data kru justru tertera ada 6 pramugari. Lion Air pun tak menampik adanya perbedaan data itu.

"Memang menyangkut kejadian ini ada data antara kru yang aktif dengan yang tercatat di salah satu dokumen pesawat," ujar Presiden Direktur Lion Air Grup Edward Sirait dalam konferensi pers, Jakarta, Rabu (28/11/2018).

"Tetapi, di dokumen yang lain sebenarnya sama," sambung Edward.

Baca juga: KNKT: Ada Perbedaan Data Jumlah Pramugari di Lion Air JT 610

Mengenai jumlah cabin crew yang berbeda, Edward mengatakan, jumlah tepat cabin crew memang ada 6, bukan 5. Terdiri dari 5 pramugari dan 1 instruktur.

Namun, menurut Edward, satu instruktur yang turut naik dalam pesawat tersebut tercatat sebagai penumpang. Terkait hal ini, pihaknya akan melakukan investigasi adanya perbedaan data tersebut.

"Terkait rekomendasi yang disampaikan untuk kami, saya katakan apa pun yang dikatakan baik oleh Kemenhub maupun KNKT," kata dia.

"Kami sudah dan akan melakukan tindak lanjut terkait rekomendasi tersebut, misalnya mengenai budaya keselamatan itu sebenarnya sebelum-sebelumnya sudah kami lakukan terus menerus di lingkungan Lion Air," sambung dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X