Cerita Boediono tentang Penyelamatan Bank Century

Kompas.com - 29/11/2018, 05:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kasus Bank Century pada tahun 2008 lalu begitu ramai diperbincangkan lantaran proses penyelamatannya dianggap memiliki unsur politis.

Wakil Presiden ke-11 Boediono yang kala itu menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia pun menceritakan proses penyelamatan Bank Century yang menurutnya dilakukan secara terbuka dan transparan.

"Proses pegambilan keputusan terbuka transparan diskusinya sudah beredar luas, diskusi enggak banyak yang dapat diskusi bank sentral. Kedua suasana waktu itu sudah sangat serius," ujar Boediono di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Lebih lanjut, Boediono mengatakan, dirinya tidak menyangka kasus penyelamatan Bank Century akan berlarut menjadi sangat panjang. Dirinya saat itu hanya memikirkan kasus Bank Century harus ditangani secara serius sehingga tidak terjadi krisis ekonomi seperti pada tahun 1998.

Baca juga: Begini Cara agar Kasus Bank Century Tak Terulang

Pasalnya, jika tidak segera dilakukan tindakan, biaya yang harus dibayarkan sangat besar, mulai dari pengangguran yang meningkat hingga kualitas hidup masyarakat bisa jeblok.

"Waktu itu saya dan temen-temen enggak pernah mikir risiko politik, risikonya risiko ekonomi seandainya kita tahu (risiko politik) kita belum tahu kebijakan apa yang kita lakukan. Apa yang terbaik yang kita anggap dari segi praktik dan ekonomoi kita ambil. Kita mengusulkan untuk dilakukan full blanket guarantee," ujar Boediono.

Adapun sistem blanket guarantee merupakan kebijakan penjaminan 100 persen dana nasabah di perbankan. Pada tahun 1998, kebijakan tersebut belum diberlakukan ketika pemerintah menutup 16 bank dan memperparah krisis 1998.

Sebagai catatan, pada 2008 lalu keputusan penyelamatan bank Century dilakukan di gedung Kementerian Keuangan melalui rapat KSSK menindaklanjuti surat Gubernur Bank Indonesia (BI) Nomor: 10/2/GBI/DPNP/Rahasia yang terbit pada 20 November 2008. BI pada saat itu memastikan Bank Century gagal kliring dan mengancam perbankan. Setelah itu, BI memberikan informasi jika Bank Century perlu ditetapkan sebagai bank gagal yang berdampak sistemik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.