Mitigasi Risiko Gagal Bayar, Modalku Gandeng Askrindo

Kompas.com - 29/11/2018, 12:13 WIB
Ilustrasi fintech www.thinkstockphotos.comIlustrasi fintech

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitrausaha Indonesia Grup ( Modalku) menandatangani kerja sama dengan PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) Persero, salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang asuransi.

Penandatangan kerja sama dilakukan untuk memitigasi risiko gagal bayar sekaligus merealisasikan manfaat hadirnya teknologi pada industri keuangan bagi para pemberi pinjaman atau lender guna  memberdayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Melalui kerja sama itu, diharapkan akses permodalan dan tingkat kepercayaan industri keuangan kepada pelaku UMKM semakin baik dan UMKM dapat tumbuh serta berkembang di era globalisasi. Hal ini mendapat perhatian dan dukungan dari Askrindo sebagai perusahaan yang mendukung program pemerintah, terutama UMKM.

Direktur Operasional Ritel Askrindo, Anton Fadjar A Siregar mengatakan, pada tahap awal kerja sama ini, obyek pertanggungan yang dicover oleh Askrindo adalah KMK Project Financing berbasis Invoicing (pre-financing dan post-financing).

Baca juga: Modalku Salurkan Pinjaman ke 7.000 UMKM sebesar Rp 2,1 Triliun

"Askrindo akan memberikan ganti rugi kerugian yaitu pada sisa pokok pinjaman," ujar Anton dalam keterangan tertulis, Kamis (29/11/2018).

Sementara itu, Co-Founder & COO Modalku, Iwan Kurniawan mengatakan, kolaborasi bersama Askrindo akan menciptakan ekosistem keuangan yang lebih sehat.

"Yaitu dengan meningkatkan standar perlindungan konsumen untuk pengguna teknologi finansial," kata Iwan.

Baca juga: Mantan Menkeu Chatib Basri Jadi Penasihat Fintech Modalku

Iwan menambahkan, mewujudkan mitigasi risiko bagi pemberi pinjaman merupakan implementasi dari masukan sejumlah pengguna Modalku.

Modalku merupakan platform peer-to-peer lending terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di Asia Tenggara, Modalku beroperasi di Indonesia, juga di Singapura dan Malaysia di bawah nama Funding Societies.

Di Indonesia, saat ini Modalku melayani wilayah Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X