Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasabah Home Credit Paling Banyak Manfaatkan Kredit untuk Beli Ini

Kompas.com - 29/11/2018, 15:41 WIB
Murti Ali Lingga,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar dana pinjaman atau kredit saat ini banyak digunakan untuk membeli ponsel dan furnitur (kebutuhan rumah tangga). Inilah didapati Home Credit Indonesia dari para mitranya.

Chief Sales Officer Home Credit Indonesia, Eko Broto Bramantyo mengatakan, hal ini terjadi karena perubahan zaman. Seiring makin tingginya kebutuhan untuk telekomunikasi dan urusan rumah tangga.

"Sekarang ini kan era komunikasi. Mereka menggunakan financial (pinjaman) untuk membeli mobile phone dan membeli furnitur bagi yang sudah berkeluarga," kata Eko di Gandaria City, Jakarta Selatan, Kamis (29/11/2018).

Baca juga: Smartphone Paling Banyak Dikredit di Home Credit

Eko menyebutkan, berdasarkan data, usia para peminjam di perusahaannya sangat bervariasi. Rata-rata di usia 24-30 tahun. Namun tidak menyebutkan besaran atau persentasenya.

"Rentang usia cukup menarik. Sekarang ini kita sudah melayani 3,3 juta pelanggan seluruh Indonesia," ujarnya.

Dia menambahkan, selain untuk pembelian handphone dan furnitur, para peminjam juga menggunakan dananya untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup. Ini juga terbilang banyak dan tinggi.

"Misalnya untuk membeli alat musik. Kemudian juga membeli buku, salah salah satu partner kita adalah Gramedia. Dan ada juga untuk beli baju," jelasnya.

Baca juga: Home Credit Targetkan Pembiayaan Rp 10 Triliun Sepanjang 2018

Ia menjelaskan, nilai pinjamanan dari tahun ke tahun secara umum terus meningkat. Yakni mencapai 30-40 persen. Eko berharap angka ini terus bertambah nantinya.

"Kita ingin lebih lagi dengan pertumbuhan kurang lebih sama. Sambil kita ingin melihat juga keinginan masyarakat. Karena sekarang jenis produk yang kita tawarkan bervarsi," tuturnya.

Proses peminjaman yang diberikan untuk calon konsumen sangat mudah. Hanya butuh indentitas diri, bisa KTP, NPWP, Kartu Keluarga (KK), dan Kartu BPJS.

Besaran dana yang bisa dipinjam ialah dari yang paling kecil Rp 650.000 hingga Rp 15 juta.

Seiring waktu Home Credit Indonesia terus menyasar segmen-segmen potensial untuk mengembangkan sayap. Apalagi tren kebutuhan di Indonesia terus berkembang dengan cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com