Tiga Kunci Agar Bisnis Tetap Tumbuh Signifikan di Tahun Politik

Kompas.com - 29/11/2018, 15:51 WIB
Hermawan Kartajaya DokHermawan Kartajaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun politik kerap menjadi momok di kalangan bisnis. Sejumlah pelaku usaha khawatir jika panasnya iklim politik akan berpengaruh terhadap pasar sehingga menimbulkan ketidakpastian.

Namun, sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menekan dampak tahun politik terhadap pasar. Founder dan chairman MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya mengatakan, para pelaku bisnis cenderung menunggu ekspansi bisnis hingga pesta politik memberikan hasil.

"Para pelaku bisnis cenderung wait and see, menunggu kepastian politik untuk melanjutkan bisnis," ujar Hermawan di Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Hermawan mengatakan, pelaku bisnis biasanya menunggu hingga paruh tahun kedua hingga untuk mendapat kepastian pemerintah tahun depan. Namun, menurut dia, justru di paruh pertama itu kesempatan bisnis akan datang.

Baca juga: Tahun Politik Diprediksi Tak Berdampak Besar pada Pasar Modal

Sehingga itu waktu yang tepat untuk merencanakan strategi menghadapi paruh kedua dengan lebih matang. Sementara di paruh kedua menjadi momentum untuk mengambil aksi dan tancap gas agar pertumbuhan terpacu.

Hermawan menyebutkan, setidaknya ada tiga hal yang menjadi kunci memacu pertumbuhan bisnis di tahun politik.

"Tiga kunci itu adalah scenario marketing, millenial branding, dan digital selling," kata Hermawan.

Yang dimaksud dengan scenario marketing adalah perencanaan yang matang, cermat, dan tepat disertai strategi yang bisa direalisasikan. Menurut Hermawan, skenario strategi diperlukan karena situasi di tahun politik menimbulkan ketidakpastian.

Kedua, millenial branding. Pebisnis dituntut lebih banyak memasarkan produk ke milenial yang menjadi pasar terbesar saat ini.

Pendekatan yang dilakukan juga harus berbeda, harus lebih dari sekadar iklan konvensional. Yang harus dilakukan dengan brand engage dengan generasi milenial.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X