PT KAI Siapkan Mekanisme Pembayaran Tiket Kereta Lokal Pakai Go-Pay

Kompas.com - 29/11/2018, 16:13 WIB
Liburan dengan kereta api (Shutterstock) Liburan dengan kereta api (Shutterstock)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menggunakan dompet virtual, Go-Pay untuk pembayaran tiket kereta lokal. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna membeli tiket sekaligus menghemat kertas.

Manager Marketing Komunikasi PT KAI Otnial Eko Pamiarso mengatakan, mekanisme pembayaran tersebut belum resmi diluncurkan.

Otnial menyatakan, PT KAI memang akan menjalin kerja sama dengan Go-Jek, dalam hal ini adalah Go-Pay. Akan tetapi, rincian kerja sama tersebut akan diumumkan kemudian.

"Untuk kereta lokal, nanti tiketnya pakai Go-Pay. Jadi scan saja tidak usah pakai tiket lagi," ujar Otnial di Eighty Eight Tower, Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Otnial mengatakan, saat ini masih diatur lebih lanjut sistemnya. Kereta lokal dipilih karena harganya yang tergolong murah, yakni kisaran Rp 4.000-8.000.

Baca juga: WEF Tunjuk Layanan Kereta Api Indonesia Terbaik Keempat se-Asia Pasifik

Adapun kawasan Bandung dan sekitarnya akan menjadi pilot project metode pembayaran baru ini.

"Untuk kereta non-commuter kayak Pasar Senen-Cikampek, Cikampek-Purwakarta. Tapi kita mau nyoba dulu di Bandung, kayak Bandung-Cimahi," kata Otnial.

Otnial memperkirakan pembayaran menggunakan Go-Pay untuk kereta lokal mulai bisa digunakan paling lambat Februari 2019. Inovasi lain yang dilakukan KAI untuk mengurangi sampah kertas tiket adalah tiket online.

Khusus pemesanan tiket kereta jarak jauh menggunakan aplikasi KAI, pengguna tinggal memindai barcode yang tertera di e-ticket untuk check in dan tak perlu ke konter check in di stasiun.

"Itu sudah diterapkan sejak 2017 lalu. Jadi tinggal masuk, tinggal scan," kata Otnial.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X