Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Berinvestasi Reksa Dana secara Online?

Kompas.com - 29/11/2018, 17:46 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjamurnya agen penjualan reksa dana online semakin meningkatkan minat masyarakat untuk melakukan investasi.

Namun, antusiasime masyarakat untuk melakukan investasi juga diiringi dengan keraguan mengenai tingkat keamanaan agen-agen penjualan reksa dana online.

Direktur Pengembangan Bisnis tanamduit Muhammad Hanif menjelaskan, sebagai salah satu agen penjualan reksa dana online menjelaskan, agen penjual hanya perantara antara investor dengan manajemen investasi yang mengeluarkan produk reksa dana dan bank kustodian tempat produk reksa dana akan disimpan.

Sehingga, keamanan dana yang disimpan oleh investor sudah dijamin oleh bank kustodian.

"Saat orang beli reksa dana uangnya enggak lewat kita, tapi langsung ke nomor rekening dari reksa dana yang diambil. Reksa dana itu sendiri dikelola administrasinya oleh bank kustodian," jelas Hanif kepada Kompas.com, Kamis (29/11/2018).

Baca juga: Kaum Millenial Dominasi Investasi Reksa Dana Online

Lebih lanjut, Hanif menjelaskan, proses transaksi melalui agen penjualan online juga sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Keraguan yang muncul, menurut Hanif lebih disebabkan masyarakat tidak benar-benar memahami prosedur dari berinvestasi melalui portal investasi online serta di beberapa marketplace online.

"Mungkin nasabah belum terlalu memahami agak complicated soalnya," ujar dia.

Deputi Direktur Pengelolaan Investasi OJK Halim Haryono mengatakan, masyarakat sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan keamanan sebelum terjun berinvestasi reksa dana secara online. Namun, sejauh ini, Halim menjelaskan, OJK belum mendapatkan keluhan masyarakat terkait fintech yang menyediakan jasa investasi reksa dana.

"Sebetulnya bisa dilihat dari perjalanannya kalau ada gangguan, dan selama ini tidak ada gangguan, insya Allah aman," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com