Citilink: Tidak Ada Korelasi Penerbangan Murah dengan Keamanan

Kompas.com - 30/11/2018, 05:08 WIB
Pendaratan perdana pesawat Airbus A-320 dari maskapai penerbangan Citilink berlangsung mulus di landasan Bandara Banyuwangi, Kamis (9/8)Humas Pemkab Banyuwangi Pendaratan perdana pesawat Airbus A-320 dari maskapai penerbangan Citilink berlangsung mulus di landasan Bandara Banyuwangi, Kamis (9/8)

JAKARTA, KOMPAS.com — Manajemen PT Citilink Indonesia mengungkapkan, tidak ada hubungan penerbangan murah dengan keamanan. Meski tarif lebih murah dari yang lain, tingkat keamanan tetap sama.

"Nggak ada korelasi penerbangan murah dengan keamanan," kata Senior Manager New Distribution Channel PT Citilink Indonesia Husnul Mulia di Gandaria Jakarta Selatan, Kamis (29/11/2018).

Husnul menerangkan, pada dasarnya setiap maskapai penerbangan tidak menginginkan pesawatnya jatuh atau kejadian lainnya. Karena itu, semaksimal mungkin penyebab kecelakaan harus dihindari.

"Karena semua harus nol kan, safety harus zero accident. (Tingkat keamanan dan keselamatan) semua sama. Siapa sih yang mau menjadi korban kecelakaan," terangnya.

Menurutnya, berdasarkan data yang ada, pesawat atau transportasi udara masih menjadi yang utama di dunia. Banyak pula maskapai penerbangan yang bertarif rendah atau low cost carrier (LCC).

"Kalau dilihat dari rate, transportasi paling aman di dunia adalah pesawat. Di Indonesia juga seperti itu," sebutnya.

Seperti diketahui, dunia penerbangan Indonesia tengah berduka menyusul jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang pada Senin (29/11/2018) lalu. Pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 06.20 WIB.




Close Ads X