Jokowi Heran Proyek Tol Bocimi Mangkrak hingga 21 Tahun

Kompas.com - 01/12/2018, 16:03 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi jajaran menteri dan pejabat terkait meninjau Gerbang Tol Cigombong 1 usai meresmikan ruas tolBogor-Ciawi-Sukabumi seksi 1, Sabtu (1/12/2018). Ambaranie NadiaPresiden Joko Widodo didampingi jajaran menteri dan pejabat terkait meninjau Gerbang Tol Cigombong 1 usai meresmikan ruas tolBogor-Ciawi-Sukabumi seksi 1, Sabtu (1/12/2018).

SUKABUMI, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah meresmikan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 1 Ciawi-Cigombong di depan Gerbang Cigombong 1, Sukabumi.

Pengoperasian ruas tol tersebut sudah lama dinanti-nanti. Pasalnya, penetapan lelang tol Bocimi dilakukan sejak 1997.

Setelah itu, proyek tersebut mangkrak. Sama sekali tak ada perkembangan berarti.

Baru pada 2015 pembangunannya diambil alih PT Waskita Karya (Persero) Tbk atas perintah Presiden. Jokowi mengaku heran mengapa proyek ini sampai mangkrak belasan tahun.

"Saya tidak tahu kenapa harus memakan waktu 21 tahun untuk memulai ini," ujar Jokowi saat meresmikan tol Bocimi di depan Gerbang Cigombong 1, Sabtu (1/12/2018).

Baca juga: Sempat Mangkrak 21 Tahun, Jokowi Resmikan Tol Bocimi Seksi 1

Jokowi juga memuji pemandangan di sekitar ruas tol tersebut. Selain cuacanya yang sejuk, pemandangan di sisi kiri dan kanan jalan tol juga menyegarkan mata, bahkan dari sana bisa terlihat langsung gunung yang diselimuti kabut.

"Saya lihat kanan-kiri, kiri-kanan, betapa sangat indahnya dan cantiknya pemandangan alam yang ada di sini. Apa itu yang menyebabkan lama (selesai)?" kata dia.

Jokowi berharap dengan beroperasinya tol seksi 1 itu, masyarakat Jabodetabek bisa lebih mudah dan cepat menuju Sukabumi. Kemudahan tersebut juga diharapkan menjadi magnet wisatawan untuk berkunjung ke Sukabumi.

Jokowi menganggap Sukabumi sangat potensial menjadi tempat wisata.

"Sukabumi punya potensi semuanya. Ada geopark, ada pantai, ada gunung," sebut Jokowi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X