2 Hal Penting dalam Mengelola Keuangan untuk Para Milenial - Kompas.com

2 Hal Penting dalam Mengelola Keuangan untuk Para Milenial

Kompas.com - 03/12/2018, 08:36 WIB
Ilustrasi eskaylim / Thinkstock Ilustrasi

NEW YORK, KOMPAS.com - Ketika berusia 20-an, kemudian mendapatkan gaji yang berkesinambungan untuk pertama kalinya, banyak yang kesulitan dalam mengelola keuangan mereka dengan baik.

Mereka, dan mungkin termasuka Anda, biasanya membelikan gaji pertama mereka dengan melakukan hal-hal yang konsumtif, seperti membeli barang-barang dan sebagainya.

Sebenarnya ada beberapa langkah yang bisa memosisikan keuangan Anda lebih baik untuk masa depan. Setidaknya begitulah saran Tony Robbins, seorang jutawan dan penulis buku laris, Money: Master the Game.

Baca juga: Milenial, Sudah Saatnya Melek tentang Keuangan

Menurut dia, ada 2 hal yang mesti dilakukan kamu muda di usia 20 tahunan mengenai perencanaan keuangan mereka.

1. Investasikan uang Anda

Jika ingin membangun kekayaan, Anda harus menginvestasikan uang Anda. Seperti yang Robbins katakan, hal itu akan membantu Anda menjadi pemilik dari suatu hal.

"Apakah Anda seorang konsumen atau apakah Anda pemilik? Anda tidak bisa memenuhi target kecuali Anda menjadi investor. Anda tidak ingin hanya membeli telepon Apple, Anda ingin memiliki Apple," ujar dia kepada CNBC, Senin (2/12/2018).

Robbins tidak menyarankan untuk bisa memilih saham secara individu. Dia juga merekomendasikan untuk investasi di reksa dana, yang memungkinkan Anda untuk memiliki sebagian kecil dari banyak perusahaan yang berbeda.

Tentukan langkah yang paling penting adalah membuka setidaknya satu akun investasi dan mulai berkontribusi secara konsisten. Semakin awal Anda memulai, semakin baik. Pilihlah return yang cukup menjanjikan yang dapat menyebabkan kekayaan Anda layaknya bola salju yang bergulung dari waktu ke waktu.

2. Otomatiskan kontribusi Anda


Akhirnya, Anda ingin sampai pada titik di mana penghasilan yang Anda dapatkan dari investasi itu akan memungkinkan Anda menjalani kehidupan yang Anda miliki saat ini tanpa bekerja.

Cara termudah untuk mencapainya adalah mengotomatisasi investasi Anda. Hal ini berarti, mintalah kantor tempat Anda bekerja melakukan pemotongan gaji secara otomatis dari rekening Anda dan dikirim langsung ke akun investasi Anda.

"Saya tidak peduli berapa usia Anda, jika Anda tidak mengotomatiskannya, Anda tidak akan sampai di sana," kata Robbins.

Dengan mengirim uang secara otomatis ke akun investasi Anda, Anda bahkan tidak akan memiliki pilihan untuk membelanjakannya. Plus, ketika Anda tidak pernah melihat uang tersebut, Anda akan belajar mengabaikannya.

"Kebanyakan orang berkata, tidak punya uang untuk berinvestasi. Mereka berkata tidak bisa menyisihkan uang untuk melakukan itu," kata Robbins.

Faktanya, Anda tidak perlu banyak uang untuk memulai. Dengan aplikasi investasi mikro pun bisa.

Ketika harus memutuskan bahwa sejumlah uang yang Anda hasilkan akan menjadi milik Anda, segera lakukan investasi. Jangan hanya menjadi orang yang terus-menerus membeli barang,



Close Ads X