Mandiri Capital Telah Gelontorkan Investasi Rp 350 Miliar ke 10 "Start-up"

Kompas.com - 03/12/2018, 14:00 WIB
Ilustrasi startupThinkstockphotos.com Ilustrasi startup

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mandiri Capital Indonesia selama dua tahun ini telah berinvestasi ke sepuluh perusahaan startup. Total nilainya sekitar Rp 350 miliar.

Sepuluh perusahaan tersebut terdiri dari Yokke, Cashles, Digital Artha Media, dan PTEN untuk subsektor payment. Selain itu ada startup peer to peer lending yakni Amartha, Investree, dan Koinworks, serta SME Solution yang terdiri dari Moka, Jurnal, dan Privy Id.

"Kami total 10 startup yang kami lakukan investasi. Sekarang bidangnya fintech enabler, peer to peer lending, yang bisa bangun ekosistem di dunia fintech," ujar Chief Financial Officer PT Mandiri Capital Indonesia Hira Laksamana di Jakarta, Senin (3/12/2018).

Tahun depan, Mandiri Capital akan terus menambah startup untuk disuntik modal. Hira mengatakan, pihaknya menargetkan 6 hingga 8 startup lagi untuk 2019. Sama seperti sebelumnya, Mandiri Capital akan condong ke startup sektor fintech dan fintech enabler.

Hiraa mengatakan, baru tahun ini mereka mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan untuk mengeluarkan venture fund, semacam reksa dana untuk pembiayaan ke startup.

"Ini bisa membangun ekosistem di indonesia. Jadi selain fintech, non fintech pun kita mau coba arahkan investasi," kata Hira.

Hira memproyeksikan dana venture ada di kisaran 50 juta dollar AS. Selain itu ada pula capital injection dari Bank Mandiri sebesar Rp 550 miliar pada 2019.




Close Ads X