Ternyata, Orang Kaya AS Pilih Stabilitas Finansial Ketimbang Cinta - Kompas.com

Ternyata, Orang Kaya AS Pilih Stabilitas Finansial Ketimbang Cinta

Kompas.com - 03/12/2018, 14:46 WIB
Ilustrasi pernikahan outdoorDragonImages Ilustrasi pernikahan outdoor

NEW YORK, KOMPAS.com - Bagi orang-orang kaya di AS, ternyata uang lebih penting ketimbang hubungan cinta.

Dikutip dari Bloomberg, Senin (3/12/2018), ketika mencari pasangan, 56 persen orang kaya di AS ingin seseorang yang memberikan keamanan finansial. Sementara itu, 44 persen menyatakan memilih pasangan berdasarkan cinta semata.

Hal tersebut berdasarkan survei yang dilakukan Bank of America Merrill Edge. Survei dilakukan terhadap lebih dari 1.000 responden.

Dari mereka yang disurvei, 63 persen menyatakan mereka lebih memilih pasangan yang fokus pada karier.

"Ada level realisme bagi pasangan yang menghadapi ketidakpastian ekonomi dan minim perencanaan keuangan. Bagaimana menjaga cinta Anda apabila Anda tidak bisa membayar liburan?" ujar Aron Levine, head of conusmer banking Bank of America dalam sebuah wawancara.

Baca juga: 5 Jurus Mengatur Keuangan bagi Pasangan Muda agar Merdeka Finansial

Meski sejumlah responden menempatkan prioritas tinggi terhadap keuangan calon pasangan mereka, tidak sedikit pula di antara responden yang mengaku jarang membahas utang, gaji, investasi, atau kebiasan belanja dengan pasangan mereka.

Sejumlah temuan lainnya adalah orang kaya AS berserdia menyisihkan rata-rata 18.000 dollar AS atau setara sekira Rp 256,1 juta (kurs Rp 14.228) per tahun untuk ditabung dan diinvestasikan. Angka ini lebih besar dibandingkan jumlah yang disisihkan untuk membayar sewa atau kredit properti, biaya pendidikan anak, hingga biaya berlibur.

Selain itu, sebagian besar responden tidak memiliki tujuan moneter di dalam benak mereka untuk tahapan kehidupan seperti menikah atau memiliki anak.

Hampir tiga perempat responden memperoleh panduan investasi mereka umumnya melalui kanal digital selama lima tahun.

Baca juga: 6 Tips Jitu Mengatur Keuangan Buat Pasangan Baru Menikah

Responden dalam survei tersebut berusia antara 18-40 tahun. Survei dilakukan selama periode 27 September-13 Oktober 2018.

Mereka memiliki aset yang dapat diinvestasikan antara 50.000-250.000 dollar AS atau aset 20.000-50.000 dollar AS dan pendapatan tahunan setidaknya 50.000. Bagi responden yang berusia di atas 40 tahun, mereka memiliki aset yang dapat diinvestasikan sekira 50.000-250.000 dollar AS.



Close Ads X