Ini Pesan Jonan untuk Kepala SKK Migas yang Baru

Kompas.com - 03/12/2018, 15:30 WIB
Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto (kiri) bersama Amien Sunaryadi di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (3/12/2018).KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMA Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto (kiri) bersama Amien Sunaryadi di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (3/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memberikan sejumlah amanat kepada Dwi Soetjipto selaku Kepala SKK Migas yang baru.

Jonan berpesan agar melanjutkan kinerja positif pendahulunya Amien Sunaryadi dalam hal sistem orginasasi.

"Pertama, melanjutkan government yang sudah dibangun Pak Amien. Saya tidak pernah melihat orang yang bekerja dengan saya itu yang bisa mengubah organisasi yang mencapai governance sangat baik. Memang anak buahnya Pak Amein yang merasa kurang nyaman ada, tapi ya biasa. Ya kadang saya juga ngerasa kurang nyaman kok dengan Pak Amien," ujar Jonan di kantornya, Senin (3/12/2018).

Jonan juga meminta Dwi meningkatkan produksi migas dalam negeri dengan menggencarkan eksplorasi. Selain itu, Jonan meminta Dwi membantu Dirjen Minyak dan Gas untuk melelang wilayah kerja (WK) yang akan habis masa kontraknya.

"WK determinasi dan diperpanjang itu diwajibkan menyerahkan komitmen kerja pasti yang sampai sekarang 2 miliar dollar AS untuk 10 tahun ke depan. Ini untuk eksplorasi. Kedua, ada WK terminasi yang jatuh tempo sampai 2023 tolong diselesaikan. Tolong bantu Ditjen Migas untuk lelang WK eksplorasi," kata Jonan.

Terakhir, Jonan meminta Dwi untuk meningkatkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) di sektor Migas.

"Terakhir, semaksimal mungkin menggunakan TKDN. TKDN ini memang sangat tricky, tapi ya ini niatnya baik. Kalau bisa diadakan dalam negeri ya diadakan, kalau tidak ya tidak," ucap dia.




Close Ads X