Kompas.com - 03/12/2018, 18:04 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah sentimen eksternal seperti meredanya tensi perang dagang dan pernyataan dovish The Federal Reserve soal kenaikan suku bunga berdampak positif bagi rupiah pada perdagangan Senin (3/12/2018).

Mengutip Bloomberg, rupiah menguat 0,41 persen ke level Rp 14.244 per dollar AS. Sementara kurs tengah rupiah di Bank Indonesia menguat 0,60 persen ke level Rp 14.252 per dollar AS.

Analis Pasar Uang Bank Mandiri Reny Eka Putri menyampaikan, pertemuan antara Donald Trump dan Xi Jinping pada perhelatan G20 lalu menghasilkan keputusan yang positif. Dalam hal ini, Trump dipastikan tidak akan menaikkan tarif impor terhadap barang impor asal China dalam beberapa bulan ke depan.

“Meredanya isu perang dagang mengindikasikan pasar keuangan global akan stabil dalam beberapa waktu ke depan,” ungkap Reny.

Baca juga: Hasil Pertemuan Trump dan Xi Tenangkan Kekhawatiran Perang Dagang

Imbas kesepakatan tersebut tak hanya berdampak pada rupiah, tapi juga mata uang emerging market lainnya. Aliran dana investor asing pun berpotensi masuk ke pasar saham dan obligasi domestik secara jangka pendek.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Solidnya rupiah juga ditopang karena para pelaku pasar masih merespons pernyataan Ketua The Fed, Jerome Powell, yang menyebut tingkat suku bunga acuan AS sudah mendekati area netral. Alhasil, ada kemungkinan kenaikan suku bunga acuan di tahun depan hanya akan berlangsung satu atau dua kali saja.

Dari dalam negeri, walau data tingkat inflasi Indonesia di bulan November masih terbilang positif, hasil tersebut dianggap tidak terlalu mempengaruhi pergerakan rupiah hari ini.

Baca juga: BPS: Inflasi November 2018 Sebesar 0,27 Persen

“Sudah sepanjang tahun inflasi Indonesia stabil, jadi sentimen ini sudah tidak terlalu berkorelasi lagi dengan arah pergerakan rupiah,” terang Reny.

Sentimen dari domestik yang berpotensi mempengaruhi pergerakan rupiah dalam waktu dekat adalah data cadangan devisa yang dirilis jelang akhir pekan nanti.

Reny menyebut, rupiah masih berpeluang menguat pada perdagangan Selasa (4/12/2018) di kisaran Rp 14.185—Rp 14.260 per dollar AS.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Sentimen eksternal menopang penguatan rupiah hari ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.