Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala SKK Migas Berjanji Tak Akan Manjakan Pertamina

Kompas.com - 03/12/2018, 21:08 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dwi Soetjipto resmi dilantik menjadi Kepala SKK Migas menggantikan pendahulunya Amien Sunaryadi yang memasuki masa pensiun.

Sebelumnya, Dwi Soetjipto merupakan Dirut PT Pertamina pada periode periode 2014-2017. Namun dalam perjalanannya, dia dicopot dari posisinya. Kabar yang beredar menyebutkan dia sering bersinggungan dengan wakilnya, yakni Ahmad Bambang.

Kini Dwi Soetjipto diangkat menjadi Kepala SKK Migas. Usai dilantik, Dwi mengaku tak akan memanjakan Pertamina dalam hal eksplorasi minyak dan gas dalam negeri.

"Enggak boleh (dimanja Pertamina)," ujar Dwi di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (3/12/2018).

Dwi menjelaskan, jika dimanjakan pemerintah, justru akan berdampak buruk bagi Pertamina. Atas dasar itu dia tak mau memanjakan perusahaan migas plat merah itu.

"Kalau memanjakan sesuatu pasti dia tidak akan maju, untuk bisa maju enggak boleh dimanjakan, sama dengan anak juga begitu," kata Dwi.

Sementara itu, mengenai rencana jangka pendeknya, Dwi ingin meningkatkan cadangan migas Indonesia. Salah satu caranya dengan mendorong eksplorasi.

"Untuk meningkatkan produksi ini harus ada investasi, tentu saja investasi tahun 2018 akan berdampak 2019. Demikian juga 2019, kalau ada investasi akan berdampak di 2020, itu peningkatan produksi," ucap dia.

Sebelum menjabat sebagai Kepala SKK Migas Dwi merupakan direktur utama PT Pertamina (persero) dia dicopot dari jabatannya pada 3 Februari 2017 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com