Akhir Tahun 2018, PGN Targetkan Dumai Teraliri Gas - Kompas.com
KILAS EKONOMI

Akhir Tahun 2018, PGN Targetkan Dumai Teraliri Gas

Kompas.com - 04/12/2018, 18:41 WIB
PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. (PGN) menggelar Temu Calon Pelanggan Industri, Komersil, dan Rumah Tangga Kamis (05/04/2018) di Dumai, Provinsi Riau.Dok. PGN PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. (PGN) menggelar Temu Calon Pelanggan Industri, Komersil, dan Rumah Tangga Kamis (05/04/2018) di Dumai, Provinsi Riau.

KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. ( PGN) menargetkan akan pada akhir 2018 wilayah Dumai sudah teraliri gas. Hal ini ditegaskan Direktur Komersial PGN Danny Praditya.

"Selain membidik sejumlah potensi calon pelanggan di wilayah Dumai, seperti Kawasan Industri Pelindo Dumai, Industri Pelintung, Industri Lubuk Gaung dan industri di bidang oleochemical, PGN berkomitmen juga menyasar sektor komersial dan rumah tangga melalui Program Sayang Ibu," kata Danny seperti dimuat laman pgn.co.id.

Target itu, lanjut Danny, sesuai dengan misi PGN untuk menyalurkan gas bumi dan sejalan dengan upaya pemerintah dalam menggenjot pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

Menurutnya, gas bumi terbukti lebih efisien bagi pelaku usaha dalam memberi keuntungan sehingga dapat menekan ongkos produksi. Dengan begitu, daya saing industri nasional otomatis terdorong.

Baca juga: Gaslink, akan Buat Pemanfaatan Gas Optimal

"Pemanfaatan gas bumi yang efisien, ramah lingkungan, dan aman perlu kami gaungkan ke seluruh lapisan masyarakat baik rumah tangga, komersial, dan sektor industri," ujar Danny dalam Temu Calon Pelanggan Industri, Komersil, dan Rumah Tangga awal April 2018 di Dumai, Provinsi Riau.

Pada wilayah Dumai ini, PGN sebelumnya telah membangun pipa distribusi gas bumi di Dumai.

Sementara itu, Wali Kota Dumai Zulkifli AS turut mendukung kehadiran PGN di Dumai. Dalam acara tersebut, Zulkifli mengharapkan kehadiran PGN menjadi pemicu pertumbuhan investasi bagi Kota Dumai.

“Kami berharap Kota Dumai bisa menjadi destinasi investasi perusahaan-perusahaan lain dengan adanya energi gas bumi yang ramah lingkungan dan efisien, serta diharapkan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Dumai,” kata Zulkifli.

Selain Dumai, PGN juga sedang mengembangkan infrastruktur pipa transmisi gas bumi West Natuna Transmission System (WNTS) ke Pulau Pemping, Provinsi Kepulauan Riau dan pipa distribusi gas bumi di Muara Karang-Muara Bekasi sepanjang 42 km.

Baca juga: Bernilai 70 Juta Dollar AS, Pipa Gas Duri-Dumai Sudah Beroperasi

Saat ini, PGN telah membangun dan mengoperasikan infrastruktur pipa gas bumi sepanjang 7.453 km atau setara 80 persen pipa gas bumi hilir seluruh Indonesia. Walau terus membangun proyek infrastruktur jaringan gas bumi, PGN tidak membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dari infrastruktur tersebut, PGN mengalirkan gas ke 1.730 pelanggan industri dan pembangkit listrik, 1.964 pelanggan komersial atau hotel, restoran, dan rumah makan, usaha kecil. PGN juga mengalirkan gas ke 199.403 pelanggan rumah tangga. Kini, pelanggan PGN tersebar di 19 kota di 12 provinsi.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:


Close Ads X