"Anda Cari Pembantu, Cari Sopir, Makin Lama Makin Susah..."

Kompas.com - 05/12/2018, 15:14 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pembangunan di sisi pasokan, terutama dari segi infrastuktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, bisa menekan angka urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota. Sehingga diharapkan, terjadi pemerataan ekonomi antara desa dengan kota.

"Kalau membangun dari supply side lebih mudah dikendalikan arus orangnya (dari desa ke kota) karena ada tawaran hidup di desa bisa lebih baik. Anda cari pembantu, cari sopir, makin lama makin susah. Lama-lama yang pergi keluar enggak banyak," sebut Darmin ketika memberikan paparan di acara Proyeksi Ekonomi Indonesia 2018 di Jakarta, Selasa (5/12/2018).

Darmin mengatakan, berkurangnya jumlah penduduk yang melakukan urbanisasi menjadi salah satu keunggulan dari pembangunan dari sisi suplai.

Menurut dia, infrastruktur yang minim menjadi salah satu faktor ketimpangan antara desa dan kota masih cukup tinggi. Masih banyak petani di daerah yang tidak memiliki posisi tawar menawar sehingga kesejahteraannya tak terjamin meski harga beras cukup mahal.

Baca juga: Cerita Menko Darmin Mau Didemo Pengusaha Tempe gara-gara DNI

"Angkutan barang dari desa itu umumnya dia tahu kalau petani enggak punya bargaining position. Kalau dibawa ke kabupaten, petani enggak tahu produknya jadi mahal sekali," ujar Darmin.

Dia pun mengajak pemerintah daerah untuk turut membangun saluran distribusi seperti pasar induk dan pasar pengumpul untuk mengimbangi pembangunan infrastuktur agar harga-harga bahan pangan lebih rasional.

"Kita itu parah banget logistiknya. Artinya setelah infrastuktur dibangun itu juga sudah harus meyakinkan Pemda untuk membangun pasar pengepul di kecamatan, kemudian juga kabupaten dan provinsi, bikin pasar induk atau apalah namanya yang bisa menampung agar harga lebih rasional itungannya," ucap dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X