Apindo Prediksi Rupiah Bisa Tembus Rp 13.800 per Dollar AS

Kompas.com - 05/12/2018, 15:45 WIB
Ilustrasi KOMPAS/JITETIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani memprediksi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS akan menguat pada tahun 2019. Dia memprediksi nilai tukar rupiah berada pada level Rp 13.800 per dollar AS tahun depan.

"Asumsi dollar, kita meyakini tahun depan akan turun di bawah Rp 14.000. Jadi kami meyakini kira-kira di Rp 13.800," ujar Hariyadi di Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Hariyadi menjelaskan, menguatnya nilai tukar rupiah disebabkan melemahnya harga minyak dunia.

Selain itu, pengusaha juga akan mencoba menggunakan mata uang selain dollar AS dalam  transaksi perdagangan.

Baca juga: Bisakah Rupiah Terus Perkasa?

"Kita optimis akan bisa mengkonfersi mata uang yang selama ini kita bergantung dengan dollar AS itu sebagian besar akan bisa kita konversi kepada mata uang mitra kita. Jadi dalam hal ini yang kita referensikan pertama adalah dengan China," kata Haryadi.

Haryadi berpendapat, selama ini para pengusaha bergantung pada mata uang dollar AS, padahal mitra dagang Indonesia lebih banyak ke China. Total perdagangan Indonesia ke China mencapai kisaran 60 miliar dollar AS dengan rincian impor 35 miliar dollar AS dan ekspor 26 miliar dollar AS.

"Jadi kita meyakini kalau kita bisa konversi sampai dengan 20 miliar dollar AS saja dari perdagangan dengan China, ini akan membuat efek yang sangat positif. Kita berharap upaya ini juga nantinya bisa di sambut dengan baik oleh mitra-mitra perdagangan kita lainnya, apakah dengan Jepang, Korsel dan sebagainya," ucap dia.

Dengan menguatnya nilai tukar rupiah, Hariyadi berharap Bank Indonesia (BI) merespon dengan menurunkan suku bunga acuannya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X