Harbolnas 2018 Digelar Dua Hari, Satu Hari Khusus Produk Lokal - Kompas.com

Harbolnas 2018 Digelar Dua Hari, Satu Hari Khusus Produk Lokal

Kompas.com - 05/12/2018, 20:46 WIB
Grand Launching Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tahun 2018 di Jakarta Pusat, Rabu (5/12/2018)KOMPAScom/Putri Syifa Nurfadilah Grand Launching Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tahun 2018 di Jakarta Pusat, Rabu (5/12/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran Hari Belanja Online Nasional ( Harbolnas) yang biasanya digelar hanya satu hari, tahun ini akan berbeda. Pesta belanja online nasional ini akan digelar tanggal 11-12 Desember 2018 atau selama dua hari berturut-turut.

Hal ini karena ada satu hari khusus pesta diskon untuk produk- produk lokal Indonesia. Tujuannya tidak lain untuk menunjukkan bahwa produk-produk tangan lokal ini juga tak kalah saing dengan produk-produk impor.

“Pertama kalinya, Harbolnas akan dilaksanakan dalam dua hari, yakni edisi khusus produk lokal tanggal 11 Desember 2018 dan Harbolnas tanggal 12 Desember 2018,” ujar Ketua Panitia Harbolnas 2018 Indra Yonathan di Jakarta Pusat, Rabu (5/12/2018).

Mengangkat tema “Belanja untuk Bangsa”, gelaran Harbolnas tahun ini ditujukan untuk membangun rasa gotong-royong masyarakat untuk semakin tertarik kepada produk lokal.

Baca juga: Harbolnas 2018 Targetkan Raih Jumlah Transaksi Rp 7 Triliun

“Satu hari khusus untuk mendorong penjualan produk atau merek-merek lokal. Kita ingin mengirim pesan kepada seluruh konsumen di Indonesia bahwa merek lokal untuk didukung keberadaannya,” papar Yonathan.

Oleh karenanya, dari Rp 7 tirliun target jumlah transaksi yang ingin diraih selama gelaran, Yonathan menyebut Rp 1 triliunnya ditargetkan diraih dari produk-produk lokal.

Dia juga membocorkan, selama Harbolnas 2018 nanti untuk produk-produk lokal akan ada diskon tambahan.

Produk lokal ada diskon tambahan,” sebutnya.

Baca juga: Sambut Harbolnas, Tokopedia Diskon Mobil Yaris hingga 99 Persen

Yonanthan juga optimis bisa meraih target kenaikan transaksi hingga lima kali lebih tinggi dari hari-hari biasa. Serta, ada 1 juta pembeli online pertama selama gelaran.

“Menurut data survei kami dilakukan tahun 2017, setidaknya ada 2 dari 10 orang yang belanja online pertama kali saat Harbolnas. Ini adalah fenomena luar biasa di Indonesia. Semarak Harbolnas ini besar,” tandas Yonathan.



Close Ads X