Amartha Sudah Salurkan Rp 650 Miliar Pembiayaan untuk Usaha - Kompas.com

Amartha Sudah Salurkan Rp 650 Miliar Pembiayaan untuk Usaha

Kompas.com - 06/12/2018, 17:15 WIB
Ilustrasi Fintechthinkstockphotos Ilustrasi Fintech

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan layanan keuangan berbasis teknologi ( fintech) peer to peer lending Amartha hingga kini sudah menyelurkan Rp 650 miliar kepada anggotanya. Keseluruhan dana pinjaman ini digunakan untuk usaha.

"Penyaluaran pembiayaannya saat ini sekitar Rp 650 milliar. Itu yang telah disalurkan. Itu sudah sesuai dengan yang kita rencanakan sampai akhir tahun," kata Vice President Amartha, Aria Widyanto di Jakarta Selatan, Kamis (6/12/2018).

Aria mengatakan, sejauh ini sudah ada sekitar 152.000 peminjam dana di perusahaannya. Dana-dana yang disalurkan tersebut diperuntukkan untuk membuka maupun pengembangan usaha makro oleh anggotanya. Jumlah ini diprediksi akan terus bertambah.

"Seminjam sekitar 152.000 saat ini. Semuanya perempuan, pengusaha mikro di desa-desa," ungkapnya.

Baca juga: Trik Amartha agar Nasabah Tepat Waktu Membayar Angsuran

Dia menyebutkan, pada tahun ini Amartha menargetkan bisa menjangkau sekitar 170 ribu pengguna dan terus meningkat. Amartah kini baru melayani peminjaman di walayah Pulau Jawa dan sekitarnya dan memiliki 108 agen atau perwakilan di lapangan.

"Tahun depan mungkin bisa sekitar 250.000-350.000 peminjam. Sisi areanya, selain Jawa kita juga akan keluar untuk explore dan pengembangan bisnis," imbuhnya.

Besaran pinjaman yang diberikan Amartha kini antara Rp 3 juta sampai Rp 15 juta. Kemudian tenor yang diberikan adalah 6 bulan dan maksimal satu tahun.

"Prosesnya hingga pencairan hanya butuh sekitar 30 menit," tuturnya.



Close Ads X