Genjot Pertumbuhan Ekonomi, Jakarta Bidik Ekonomi Kreatif dan Pariwisata - Kompas.com

Genjot Pertumbuhan Ekonomi, Jakarta Bidik Ekonomi Kreatif dan Pariwisata

Kompas.com - 06/12/2018, 20:22 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Trisno Nugrohodi UOB Plaza, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018).KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELA Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Trisno Nugrohodi UOB Plaza, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, peran Jakarta dalam pertumbuhan ekonomi nasional termasuk yang terbesar dibandingkan daerah lain.

Dengan demikian, jika ingin mendongkrak pertumbuhan ekonomi, maka perkembangan ekonomi di Jakarta juga harus ditingkatkan. Setidaknya ada dua hal yang menjadi fokus pemerintah provinsi DKI Jakarta ke depan, yakni sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Salah satu sektor yang perlu dapat perhatian dan akan kita seriusin ke depan, yaitu sektor ekonomi kreatif," ujar Anies saat menghadiri rapat tahunan Bank Indonesia ( BI) DKI Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Anies mengatakan, potensi perkembangan ekonomi kreatif sangat besar. Potensi aktor ekonomi kreatif di Jakarta juga besar.

Baca juga: Genjot Ekonomi, DKI Jakarta Diminta Kembangkan Pariwisata

Ekonomi kreatif dapat menggerakkan perekonomian untuk penciptaan lapangan kerj ayang lebih besar. Selain itu, pariwisata di Jakarta sudah saatnya unjuk gigi.

"Kita mau kelola pariwisata lebih baik sehingga bisa mengundang wisatawan lebih lama lagidi Jakarta dan memisahkan business trip dengan wisata," kata Anies.

Untuk membangun pariwisata di Jakarta, Pemprov DKI Jakarta akan menyiapkan infrastruktur penunjag. Transportasi darat di Jakarta nyaris lengkap, apalagi dengan pembangunan MRT dan LRT.

Namun demikian, hal lain yang harus diperhatikan adalah infrastruktur untuk transportasi laut.

"Salah satu tantangannya di transport laut. Kita dalam proses memastikan bahwa infrastrukturnya bisa tumbuh pesat ke depan," kata Anies.

Baca juga: Kuartal III 2018, Pertumbuhan Ekonomi DKI Jakarta 6,41 Persen

Senada dengan Anies, Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta Trisno Nugroho juga menganggap ekonomi kreatif dan pariwisata merupakan dua hal yang mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Menurut dia, kedua sektor itu harus didorong agar tidak ketergantungan komoditas primer.

Selain itu, pemerintah juga didorong meningkatkan produksi dalam negri untuk menekan impor dan meningkatkan investasi langsung.

Trisno memastikan Kantor Perwakllan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta secara konsisten mendorong berbagai upaya untuk meningkatkan pariwisata di DKI Jakarta melalui koordinasi dan kerja sama lintas instansi.

Baca juga: Triwulan I 2018, Pertumbuhan Ekonomi DKI Jakarta Naik Jadi 6,02 Persen

Selanjutnya, KPw BI DKI Jakarta juga mendorong pengembangan industrl kreatif karena besar potensinya.

"Dengan tingginya penetrasi internet, dldukung oleh dominasi penduduk usia produktif yang sangat melek teknologi, kami memandang industri kreatif digital sangat potensial untuk dikembangkan," kata Trisno.



Close Ads X