Aset Negara Bukan Hanya Tertib, Tapi Harus Dioptimalkan - Kompas.com

Aset Negara Bukan Hanya Tertib, Tapi Harus Dioptimalkan

Kompas.com - 07/12/2018, 12:50 WIB
Ilustrasi: Kanwil DJKN, Kementerian Keuangandjkn.kemenkeu.go.id Ilustrasi: Kanwil DJKN, Kementerian Keuangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara ( DJKN) Kementerian Keuangan berharap aset milik negara tidak hanya tertib aturan namun harus bisa dioptimalkan dengan baik. Sehingga, bisa memberi manfaat kepada negara.

"Kita melihat bagaimana aset tidak hanya tertib tatapi juga bisa kita optimalkan dengan cara-cara efisiensi," kata Direktur Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Isa Rachmatarwata di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (7/12/2018).

Isa menjelaskan, salah satu upaya untuk mendorong itu sudah dilakukan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) melalui gelaran kompetisi The Asset Manager. Ini untuk melihat pengelolaan barang milik negara sejauh ini.

Menurut dia, ada beberapa fase yang terjadi atau dialami aset-aset milik negara seluruh daerah, baik yang masih normal, terkena bencana, maupun yang ditinggal beberapa saat. Ini patut dicermati untuk pengelolaan yang lebih baik nantinya.

Baca juga: Sri Mulyani Minta Kemenhub Maksimalkan Pengelolaan Aset Negara

"Tentunya memiliki berbagai kondisi. Ada kondisi normal tapi kita juga tidak optimalkan pemanfaatannya. Ada kondisi setelah terjadi bencana, kita juga harus merestorasi. Ini menjadi topik bagaimana kita merevitalisasi dan memanfaatkan betul aset yang sebetulnya di masa lalu memiliki kejayaan," imbuhnya.

Menurutnya, pengelolaan aset milik negara sejatinya bisa dioptimalkan. Namun bukan hanya optimal, tapi harus tertib adaministrasi, tertib hukum, dan tertib fisik.

"Bisa kita optimalkan dengan cara-cara efisiensi baik dalam hal perawatan, pengamanan, maupun upaya untuk mendapatkan revenue (pendapatan) dan sebagainya," tandasnya.



Close Ads X