Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inflasi Desember 0,3 persen, Dibayangi Harga Pangan yang Bergejolak

Kompas.com - 07/12/2018, 16:00 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Survei Perkiraan Harga (SPH) Bank Indonesia pada minggu pertama bulan Desember mencatat inflasi sebesar 0,3 persen.

Sementara itu, laju inflasi sepanjang tahun 2018 (year-to-date/ytd) dan keseluruhan (year-on-year/yoy) sebesar 2,81 persen.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara menyebut kenaikan ini disumbang dari harga pangan yang cukup bergejolak.

"Yang naik di minggu pertama secara bulan ke bulan (month-to-month/mom), yaitu telur ayam ras 8,5 persen, bawang merah 6,6 persen, wortel 11,6 persen, kacang panjang 7,1 persen," ujar Mirza di Komplek Gedung Bank Indonesia, Jumat (7/12/2018).

Dia menambahkan, BI dan pemerintah pusat serta pemerintah daerah berusaha agar inflasi sampai akhir tahun bisa terjaga denga baik.

“Ya kalau bisa dijaga 0,3 persen, maka kita akan miliki inflasi dibawah 3 persen (akhir tahun),” imbuh Mirza.

Tantangan inflasi pada Desember ini adalah banyaknya aktivitas ekonomi disebabkan oleh belanja Natal dan libur Tahun Baru. Selain itu, Menurut Mirza, BI selalu memperhatikan dua hal dalam menjaga suku bunga, inflasi dan nilai tukar.

"Kalau inflasi bisa terjaga, paling tidak faktor yang mempengaruhi suku bunga bisa kendalikan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com