Menhub: Pelabuhan Kali Adem Akan Segera Dibenahi - Kompas.com

Menhub: Pelabuhan Kali Adem Akan Segera Dibenahi

Kompas.com - 07/12/2018, 23:32 WIB
KM Rindu Alam saat tengah bersandar di Dermaga Pulau Pramuka, Kabupaten Kepulauan Seribu, Selasa (10/1/2017). Kapal ini adalah kapal yang melayani penyeberangan menuju Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara.Kompas.com/Alsadad Rudi KM Rindu Alam saat tengah bersandar di Dermaga Pulau Pramuka, Kabupaten Kepulauan Seribu, Selasa (10/1/2017). Kapal ini adalah kapal yang melayani penyeberangan menuju Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara.

SEMARANG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara akan segera dibenahi. Dia ingin tempat tersebut menjadi percontohan pelabuhan rakyat di Indonesia.

"Kali Adem harus menjadi percontohan dari pelayaran rakyat," ujar Budi di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (7/12/2018).

Budi menambahkan, nantinya di pelabuhan Kali Adem akan dipasangangi pagar, mesin x-ray, serta keamanan bagi penumpangnya akan ditingkatkan. Menurut dia, perbaikan di Kali Adem tengah berlangsung.

"Sekarang sudah mulai berjalan. Saya harapkan tanggal 22 (Desember) akan ke Kali Adem, kita akan cek sejauh mana persiapannya," kata Budi.

Baca juga: Menhub Tak Mau Campuri Kisruh Lion Air vs Boeing

Budi menilai keberadaan pelabuhan rakyat sangat krusial. Namun, selama ini fasilitasnya masih minim.

Atas dasar itu, Kemenhub akan mulai melakukan pembenahan di beberapa pelabuhan rakyat yang ada di Indonesia.

"Pelayaran rakyat ini yang paling krusial, biasanya tidak sehat, jumlahnya lebih banyak, pelautnya tidak punya pendidikan, pelabuhannya tidak ada pagar, manifest tidak ada, tidak ada x-ray. Tidak ada yang memenuhi syarat. Oleh karenanya kita akan memulai dengan adnaya tiket, pagar, x-ray, buku pelaut, safety, ramp check. Nah ini jadi bagian kita untuk menertibkan pelayaran rakyat," ucap dia.



Close Ads X