BUMN Ini Bangun Infrastuktur di 10 Negara

Kompas.com - 10/12/2018, 10:47 WIB
Menteri BUMN Rini SoemarnoKompas.Com/Slamet Priyatin Menteri BUMN Rini Soemarno

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu BUMN karya, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA terus melakukan ekspansi. Tak hanya di dalam negeri, WIKA juga merambah proyek-proyek di luar negeri.

Hingga 2018 ini, WIKA telah dipercaya untuk mengerjakan infrastruktur di 10 negara. Sebanyak ribuan duta bangsa pun dikirimkan mewakili negara pada proyek-proyek infrastruktur strategis tersebut.

"Saya sangat bangga dengan para duta bangsa yang telah terpilih mewakili WIKA," ujar Menteri BUMN Rini Soemarno saat melepas duta bangsa di Gedung WIKA, Jakarta, seperti dikutip dari siaran pers, Senin (10/12/2018).

Kesepuluh negara yang menjadi tempat proyek WIKA yakni Timor Leste, Malaysia, Filipina, Myanmar, Aljazair, Niger, Nigeria, Senegal, Uni Emirat Arab, dan Taiwan.

Baca juga: Menteri Rini: Pak Ridwan Kamil, Saya Kejar Lho Orderannya...

Proyek WIKA meliputi 5.000 unit rumah di Aljazair, Kinman Bridge di Taiwan, Istana Presiden di Niger, konstruksi smelter timah di Nigeria, Perumahan Bateen Al Samar di Dubai, Limbang Bridge di Malaysia, Clarin Bridge di Filipina, rehabilitasi Jalan Maubin Myapon di Myanmar,

Selain itu ada juga 5 proyek di Timor Leste, di antaranya Proyek New Development Oecusse Ambeno Airport, pembangunan Jembatan Comoro dan Soibada, serta jalan di Natarbora dan Manututu.

Untuk mendukung kinerjanya, WIKA mengirimkan 311 duta bangsa yang nantinya akan ditempatkan di 3 negara yaitu Aljazair, Niger dan Taiwan pada Minggu (9/12/2018).

Total Duta Bangsa yang telah dikirimkan oleh WIKA mencapai 963 orang pada tahun 2018 atau 3.000 orang sejak awal berkiprah di luar negeri. 

"Kami ingin membuktikan bahwa proyek-proyek ini dapat kami selesaikan dengan baik berkat peran para Duta Bangsa," kata Direktur Utama WIKA Tumiyana.




Close Ads X