Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maskapai Vietnam Airlines Segera Melantai di Bursa

Kompas.com - 11/12/2018, 13:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Reuters

HANOI, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan nasional Vietnam Airlines akan mencatatkan sahamnya di bursa efek Vitenam, Hochiminh Stock Exchange pada April 2019 mendatang. Hal ini diungkapkan oleh pihak maskapai secara resmi.

Dikutip dari Reuters, Selasa (11/12/2018), lebih dari 80 persen saham maskapai penerbangan nasional tersebut dimiliki oleh pemerintah Vietnam. Sementara itu, 8,77 persen saham dimiliki oleh ANA Holdings dari Jepang.

Melalui surel, pihak Vietnam Airlines menyatakan bakal mencatatkan 1,4 miliar sahamnya ke bursa efek. Sebelumnya, Vietnam Airlines berencana melantai di bursa pada kuartal I 2019, namun kemudian ditetapkan pada April 2019.

"Listing saham akan dilakukan setidaknya pada awal April tahun depan," kata pihak Vietnam Airlines.

Sementara itu, Nikkei mewartakan, melantai di bursa akan memungkinkan Vietnam Airlines meningkatkan profilnya dan memosisikan diri untuk membiayai perkembangan jajaran armadanya. Ini dilakukan untuk menghadapi peningkatan persaingan dengan maskapai berbiaya rendah atau low-cost carrier.

Bila rencana ini terwujud, maka Vietnam Airlines akan menjadi salah satu perusahaan terbesar yang sahamnya tercatat di bursa Vietnam. Ini sejalan pula dengan derasnya arus modal asing yang masuk ke Vietnam.

Vietnam Airlines sendiri menyaksikan pesaing-pesaingnya memakan pangsa pasar. Yang baru hadir adalah Bamboo Airways yang akan mulai mengudara pada akhir tahun.

Beberapa maskapai penerbangan murah seperti AirAsia dan Lion Air pun merupakan pesaing berat bagi Vietnam Airlines. Sebagai respon ketatnya persaingan, Vietnam Airlines menambah penerbangan ke kota-kota lainnya di Vietnam dan luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com