BTN Raih Penghargaan Transparansi Perusahaan Tercatat

Kompas.com - 11/12/2018, 15:11 WIB
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meraih penghargaan transparansi perusahaan berkapitalisasi besar. Penghargaan diberikan oleh Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD).Dok. BTN PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meraih penghargaan transparansi perusahaan berkapitalisasi besar. Penghargaan diberikan oleh Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meraih penghargaan transparansi perusahaan berkapitalisasi besar. Penghargaan diberikan oleh Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD).

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi atas upaya perseroan terkait transparansi pada setiap aktivitasnya. 

“Ini akan memacu BTN untuk terus bekerja keras dan menjadi perusahaan terbuka yang paling transparan,” kata Maryono dalam pernyataannya, Selasa (11/12/2018).

Seperti tahun lalu, pada tahun ini IICD melakukan penilaian terhadap 200 emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). 

Emiten-emiten tersebut dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 100 emiten dengan market kapitalisasi terbesar (Big Cap) dan 100 emiten dengan kapitalisasi pasar menengah (Mid Cap), yang didukung oleh 10 asesor dan 4 reviewer. 

Instrumen yang digunakan untuk menilai 200 emiten tersebut adalah CG Scorecard dari OECD Principle yang meliputi hak-hak pemegang saham, perlakuan yang setara terhadap pemegang saham, peran pemangku kepentingan, pengungkapan dan transparansi serta tanggung jawab dewan.

Dalam penilaian, IICD mempertimbangan juga kasus korupsi yang melibatkan emiten. Ke depannya, IICD akan mempertimbangkan memasukan komponen anti korupsi dan kinerja keuangan sebagai faktor penentu dalam penilaian kinerja CG emiten. 

 




Close Ads X