Gratis Ongkir hingga Permainan, Cara Shopee Gaet Konsumen untuk Belanja

Kompas.com - 11/12/2018, 16:26 WIB
CEO Shopee Chris Feng di Kantor Shopee Jakarta Pusat, Selasa (11/12/2018) KOMPAS.com/Putri Syifa NurfadilahCEO Shopee Chris Feng di Kantor Shopee Jakarta Pusat, Selasa (11/12/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai salah satu pemain yang cukup dikenal di Indonesia, Shopee tentu punya cara tersendiri untuk menggaet pelanggan di tengah persaingan e-commerce yang semakin ketat di Tanah Air.

Salah satu program yang cukup dikenal masyarakat adalah promo gratis ongkos kirim (ongkir) ke seluruh Indonesia. Menurut CEO Shopee Chris Feng, program gratis ongkir sukses memberikan kesan tersendiri kepada pelanggannya.

“Kalau gratis ongkos kirim kami punya partner. Program gratis ongkir ini akan terus dilanjutkan karena ini juga berperan untuk menggaet seller di Shopee,” ujar Chris di kantor Shopee di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Walaupun pasar terbesarnya masih di Pulau Jawa, imbuh Chris, namun program ini berhasil mempercepat pertumbuhan penjual maupun pembeli di luar Pulau Jawa.

Baca juga: Gratis Ongkir hingga Hadiah Rp 12 Miliar di Shopee 12.12, Mau?

Tak berhenti sampai di sana, Shopee beberapa waktu lalu pun meluncurkan Shopee 24. Dalam program ini, konsumen yang berbelanja di Shopee bisa mendapatkan barang maksimal 24 jam sampai di rumah.

“Kami meluncurkan 24 jam service pengiriman yang mencangkup wilayah Jabodetabek,”

Sebagai informasi, Shopee saat ini memiliki gudang yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara. Pelanggan yang berada di wilayah Jabodetabek bisa mendapatkan barang pesanannya yang tersedia di gudang dan diantar menggunakan Shopee Express.

Kemudian, ada pula program cash on delivery (COD) atau bayar di tempat yang akan hadir dalam waktu dekat. Tujuannya adalah untuk menjangkau pembeli baru yang belum merasa yakin untuk melakukan belanja online.

Baca juga: Festival Belanja Online 12.12, Shopee Targetkan Lebihi 11.11

Feng juga menyebut, program COD dan Shopee 24 juga akan menjadi layanan Shopee yang akan dikembangkan secara aktif. Tujuannya tak lain untuk membantu pertumbuhan pelanggan dan transaksi Shopee di tahun 2019.

Pengalaman pengguna juga ditekankan Shpee untuk menambah minat belanja dalam situsnya. Permainan dalam aplikasi seperti Goyang Shopee dan Kuis Shopee jadi magnet tersendiri. Diakui Feng, pelanggan jutsru loyal karena adanya sisi hiburan dalam aplikasi Shopee.

“Karena sekarang Goyang Shopee dan Kuis Shopee itu sesuatu yang engage sekali untuk customer kita dan sangat loyal. Itu membutkikan kalau orang Indonesia itu sangat suka dengan aplikasi yang seperti ini (dalam pengalaman belanja),” ujar Chris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.