Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Kertajati Targetkan Layani 2,5 Juta Penumpang pada 2019

Kompas.com - 11/12/2018, 17:43 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Virda Dimas Ekaputra menargetkan 2,7 juta penumpang akan terbang melalui bandara tersebut pada 2019.

Hingga akhir November 2018, baru ada sekitar 25.000 penumpang yang terbang dari BIJB.

"(Target di 2019) 2,7 juta penumpang. Saat ini 25.000 (penumpang), karena 2018 masih mencoba mengenalkan, ya mudah-mudahan bisa jalan secara lebih masif 2019," ujar Virda di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Virda mengakui pada hari-hari normal penerbangan di BIJB masih kurang dinikmati. Tingkat keterisian penumpang atau load factor dalam satu pesawat di hari normal baru sekitar 50 persen.

Baca juga: Menhub Minta Warga Jabar Terbang Melalui Bandara Kertajati

"Persentase kalau weekday (hari kerja) mungkin (load factor) masih 50 persen ke bawah, kalau weekend bisa 70 persen ke atas," kata Virda.

Atas dasar itu, lanjut Virda, pihaknya akan gencar melakukan sosialisasi untuk menarik minat masyarakat terbang melalui BIJB.

"BIJB sendiri mau pindah kantor ke Majalengka. Terus kita mau bikin semacam kantor-kantor perwakilan di kota-kota Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) untuk mendekatkan dengan konsumen, mensosialisasikan dan menarik mereka untuk bisa datang menjadi penumpang," ucap dia.

Saat ini baru 5 rute penerbangan yang beroperasi di Bandara Kertajati, yakni Maskapai Citilink dengan rute penerbangan menuju Surabaya setiap hari serta Medan tiga kali sepekan setiap Rabu, Jumat, dan Minggu.

Selain itu Trans Nusa melayani rute Bandar Lampung dan Semarang dua kali sepekan setiap Minggu dan Senin. Adapun Lion Air melayani penerbangan internasional khusus umrah dua kali sepekan setiap Sabtu dan Minggu.

Baca juga: Mulai 18 Desember, Garuda Indonesia Buka 2 Rute Penerbangan dari Bandara Kertajati

Rencananya, Garuda Indonesia akan melayani tiga rute penerbangan di Bandara Kertajati, Majalengka, mulai pekan depan.

Garuda akan melayani rute penerbangan menuju Bandar Lampung, Palembang, serta Balikpapan. Rute penerbangan Bandar Lampung dan Palembang merupakan rute terhubung Kertajati-Bandar Lampung-Palembang dalam 3 kali sepekan.

Jadwal penerbangannya setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Sementara untuk rute Kertajati-Balik Papan akan beroperasi mulai 21 Desember 2018 dalam 2 kali sepekan setiap Senin dan Jumat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com