Sri Mulyani Tegur Bawahannya soal "Mindset" Tentang Perempuan

Kompas.com - 11/12/2018, 20:17 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam acara peluncuran Digitalisasi Pembiayaan UMi di Jakarta, Selasa (11/12/2018) Kompas.com/YOGA SUKMANAMenteri Keuangan Sri Mulyani dalam acara peluncuran Digitalisasi Pembiayaan UMi di Jakarta, Selasa (11/12/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani tak canggung menegur bawahannya di depan umum. Misalnya dalam acara peluncuran digitalisasi pembiayaan Ultra Mikro (UMi) di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Menkeu menegur Direktur Jenderal Perbendaharaan Warwanto Harjowiryono lantaran menampilkan salah satu video tentang kredit mikro namum pemeran dalam video itu didominasi laki-laki.

"Hanya yang saya sayangkan Pak Marwanto, video pertama diperlihatkan bagaimana kredit ultra mikro itu semua laki-laki, salah total itu," kata Sri Mulyani.

"Salah sekali karena saya tahu, para pelakunya (usaha mikro) itu perempuan. Jadi tolong yang buat video pertama dikoreksi mindsetnya, karena sangat laki-laki minded. Walaupun yang hadir (ke Kantor Kemenkeu) menteri semua laki-laki," sambungnya disambut tawa.

Tak sampai disitu, Sri Mulyani juga menegur Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Anang Latif. Anang melontarkan candaan yang dinilai Sri Mulyani "memojokkan" perempuan.

Sebelum memberikan sambutan dalam acara itu, Anang sempat melontarkan guyon agar para laki-laki yang kerap dinas keluar kota untuk hati-hati sebab istrinya bisa nikah lagi.

"Saya mau mengoreksi joke-nya Anang Latif tadi yang mengatakan 'saya sering mengatakan supaya bapak-bapak jangan sering bekerja karena nanti pasangannya bisa (nikah lagi)'," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Itu adalah joke yang sangat seksis. Saya mohon jangan menggunakan joke itu juga. Ini namanya keberpihakan kepada perempuan menjaga martabat mereka tidak hanya dijadikan sebagai objek," sambung mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Teguran Sri Mulyani itu direspons Anang dengan mendekapkan kedua telapak tanganya, seakan meminta maaf dan tak akan mengulangi joke itu lagi.

Sementara itu sebagian para undangan yang hadir di acara itu bertepuk tangan mendengar kata-kata Sri Mulyani. Bahkan juga tertawa lantaran suasana sedikit jadi canggung.

Namun Sri Mulyani langsung mencairkan kembali suasana dengan melempar joke.

"Jadi enggak enak ya rasanya, tapi enakin saja. Coba saya bicara sama Bukalapak, Go-Pay, Tokopedia itu merchant (usaha mikro) 90 persen adalah perempuan. Terimakasih sekali membuat banyak perempuan bisa bekerja," ucap Sri Mulyani disambut gemuruh tepuk tangan undangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.