Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sasar Perempuan Pelaku Usaha, Mitra Amartha Naik Lebih dari 100 Persen

Kompas.com - 12/12/2018, 07:45 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) sebagai salah satu platform Peer-to-Peer (P2P) micro lending di Indonesia menawarkan peluang bagi investor yang ingin memberikan akses permodalan untuk terhubung dengan pengusaha mikro perempuan di pedesaan yang membutuhkan pendanaan modal usaha.

Founder & CEO PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) Andi Taufan Garuda Putra mengatakan terus berusaha untuk menghubungkan para pengusaha mikro unbanked, dengan para investor yang ingin berpartisipasi di sektor pendanaan yang lebih menguntungkan dan bernilai sosial.

“Keunikan lain terletak pada pengusaha mikro atau Mitra Amartha, yang seluruhnya adalah perempuan. Dalam 1 tahun terakhir, lebih dari 152.000 perempuan pelaku usaha mikro di pelosok Indonesia telah menjadi mitra Amartha, meningkat 117 persen dari tahun 2017 sebanyak lebih dari 70.000 mitra,” ujar Andi dalam keterangan pers, Selasa (12/11/2018).

Sementara untuk total dana yang didistribusikan lebih dari Rp 635 Miliar, meningkat lebih dari 200 persen dari tahun 2017 sebesar Rp 200 miliar

Perempuan pelaku usaha merupakan fokus utama penyaluran dana Amartha, karena sekitar 51 persen usaha kecil dan 34 persen usaha menengah di Indonesia dimiliki dan dijalankan oleh perempuan.

Founding Member IMFEA (Indonesia MicroFinance Expert Association) dan Project Leader ukmindonesia.id - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Dewi Meisari Haryanti, mengatakan bahwa UMKM, khususnya Usaha Mikro di Indonesia ini terbukti memiliki bidang usaha yang feasible, sustainable, namun stagnan.

“Salah satu penyebabnya adalah sulitnya akses modal untuk pengembangan usaha, karena pola transaksi mereka yang kecil-kecil, sering, dan berputar cepat sehingga agak sulit terjadi akumulasi laba/aset,” jelas Dewi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com