Kompas.com - 12/12/2018, 13:00 WIB
Director of Shopee Indonesia, Christin Djuarto (kiri) dan Country Brand Manager Shopee, Rezki Yanuar (kanan) meluncurkan festival 12.12 Birthday Sale di The Plaza Tower, Jakarta Pusat, Rabu (28/11/2018). MURTI ALI LINGGA/KOMPAS.com Director of Shopee Indonesia, Christin Djuarto (kiri) dan Country Brand Manager Shopee, Rezki Yanuar (kanan) meluncurkan festival 12.12 Birthday Sale di The Plaza Tower, Jakarta Pusat, Rabu (28/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com — Heboh petisi untuk menghentikan iklan Blackpink, salah satu artis idola asal Korea Selatan yang mempromosikan salah satu portal belanja daring di Indonesia yakni Shopee, disambut oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dengan melayangkan surat teguran untuk menghentikan penayangan iklan tersebut di televisi.

Melalui situs resminya, KPI menuturkan “melayangkan peringatan keras kepada 11 stasiun televisi yang menayangkan iklan Shopee Blackpink dan acara Shopee Road to 12.12 Birthday Sale".

Menanggapi hal tersebut, Country Brand Manager Shopee Indonesia Rezki Yanuar mengungkapkan bahwa pihaknya menerima masukan tersebut.

“Kami ingin menegaskan bahwa Shopee selalu mengedepankan masukan dari pengguna setia kami untuk kemajuan perusahaan dan kenyamanan masyarakat secara umum utamanya untuk berbelanja secara online,” ujar Rezki dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com.

Ia menyebut bahwa hal ini menjadi masukan yang berguna untuk ke depannya walaupun iklan tersebut diakui Rezki telah mendapatkan izin dari Lembaga Sensor Film Indonesia.

“Tentu saja kami mendengarkan adanya keluhan dari sebagian masyarakat terkait iklan kami yang sering diputar menjelang Shopee 12.12 Birthday Sale. Ini merupakan masukan yang amat berguna agar kami lebih baik ke depannya. Namun, untuk diketahui, iklan tersebut telah mendapatkan izin dari Lembaga Sensor Film Indonesia. Kami juga ingin menekankan bahwa kami mengikuti semua regulasi yang ada dari setiap pemangku kepentingan yang ada di Indonesia,” terangnya.

Pihaknya pun kini tengah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengatur waktu mengenai penayangan iklan tersebut.

“Untuk merespons masukan yang dialamatkan kepada kami, kami sudah berkoordinasi dengan semua pihak yang mengatur waktu penayangan iklan tersebut agar menjadi lebih tepat kepada pengguna dan calon pengguna kami. Pada kesempatan ini, kami juga ingin menyampaikan bahwa kami sudah mengetahui adanya surat peringatan dari Komisi penyiaran Indonesia (KPI) terhadap stasiun-stasiun televisi yang menayangkan iklan kami,” tutur Rezki.

Rezki menyebut bahwa penanyangan iklan tersebut akan berganti selepas promo Shopee 12.12 Shopee Birthday Sale.

“Sesuai dengan lini waktu yang sudah kami agendakan sebelumnya, penayangan iklan tersebut memang akan berganti dengan promo Shopee 12.12 Shopee Birthday Sale pada hari ini Selasa (11 Desember 2018). Ini disebabkan semakin dekatnya dengan puncak ulang tahun Shopee yang jatuh pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12 Desember,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.